Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ayat Alquran Terpelihara Kemurniannya Sepanjang Masa

Kisah Web - Jelaskan dan Tuliskan mengenai Alquran terpelihara kemurnianya sepanjang masa ? Bagiamana itu bisa terjadi dan mengapa ?

Sobat, perlu diketahui bahwa Allah SWT telah menjamnin bahwa ayat Alquran terpelihara kemurnianya sepanjang masa. Hal itu termaktub dalam Alquran surat Al-Hijr Ayat 9. Artinya: Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya

Dalam tafsir Min Fathil Qadir oleh Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah, dikatakan bahwa maksud ayat ini ialah bahwa ada para dai dan ulama yang kemudian akan bekerja keras menjaga kemurnian Alquran. 

Allah telah memfasilitasi ummat ini dengan mengeluarkan para dai untuk menyerukan kepada mereka syari'at ini juga sebagai pewaris para rasul, agar mereka terus bekerja keras mempertahankan agama islam, adapun Alquran nur karim Allah SWT telah menetapkan untuknya penjaga, sehingga jika ditambahkan di dalamnya satu hurufpun akan diketahui.

Sementara itu Kementerian Agama Kerajaan Saudi Arabia menafsirkan dalam kitab panduan bahwa "Dengan keagungan dan kekuasaan Kami, Kami menurunkan al-Qur’an kepada Nabi, dan Kami akan menjaganya hingga hari kiamat dari segala pengubahan". 

Bahwa Alquran akan terjaga kemurnianya. Sebab Allah SWT yang Maha Agung telah memberikan jaminan atas itu. Allah berkuasa dan maha berkuasa atas segala galanya, termasuk terjaganya firman-firman dalam Alquran sepanjang masa.

Kini disekitar kita pun banyak penghapal Alquran yang senantiasa menjaga Alquran. Bahkan penghapal Alquran sudah ada sejak jaman Rasul SAW. Selain itu, kini telah banyak mushaf Alquran yang dicetak dan disebarakan. 

Harapanya adalah agar umat dapat memilikinya. Salah satu contohnya adalah Kementerian agama yang sering membagikan mushaf Alquran gratis. Badan Wakaf Alquran juga amat aktif membagikan Alquran hingga ke pelosok negeri. 

Yang lebih besar lagi adalah pemeliharaan Alquran skala negara. Kini sejumlah negara mendirikan lembaga pendidikan yang dikhususkan mempelajari Ulum Alquran (ilmu-ilmu tentang Alquran). Telah banyak pula kampus dengan jurusan studi Alquran yang akan mencetak muslimin yang ahli tentang hal ini. Di Indonesia, kita mengenal lembaga studi Alquran.

Di Indonesia ada juga ratusan rumah penghapal Alquran serta lembaga bimbingan belajar Alquran. Bahkan kini banyak yang menggratiskan biayanya, sebab banyak para donatur yang peduli dengan hal ini. Mereka beranggapan bahwa memberi fasilitas pada penghapal Alquran dan pembelajarnya adalah amal jariah.

Pernahkah Alquran Diubah Isinya ? 

Pernah suatu ketika, Presiden Suriah Bashar Al-Assad merevisi isi Alquran. Presiden muda ini beranggapan bahwa ada unsur kekerasan dan terorisme didalamnya. Revisi juga rangka memperbaiki distorsi dan pelajaran menyesatkan. M

enaggapi ini, banyak ulama yang memprotes. Dalam sebuah laporan, versi baru Al-Quran yang sudah direvisi akan dicetak dan didistribusikan ke seluruh negara.

Beberapa waktu lalu juga heboh pengubahan ayat pada surat Al-Maidah di Indonesia. Sempat beredar postingan di media sosial tentang terjemahan kata 'awliya' yang disebutkan telah berganti dari 'pemimpin' menjadi 'teman setia'. 

Namun hal itu telah dikonfirmasi oleh kementerian agama RI, bahwa sebaran yang viral itu bukan terbitan dari Kemenag. Setelah ditelusuri, sebaran itu adalah konten hoax yang dibuat oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Beberapa kasus Alquran palsu juga pernah terjadi. Namun hingga saat ini Alquran masih terjaga kemurnianya. Masih banyak orang yang peduli, terutama ulama dan pihak terkait. Insyaallah, sampai kiamat Alquran akan terjaga kemurnianya. Sebagaimana firman Allah SWT. 

Sebagai umat muslim, kita juga punya tanggung jawab untuk menjaga Alquran. Hal sederhana yang paling kongkrit adalah sering membaca dan mengamalkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Dengan rutin membaca, kita akn cinta dan mengetahui isinya. Al hasil, kita bisa mengetahui jika ada yang mengubah isinya.

Sobat, demikianlah ulasan mengenai Alquran terpelihara kemurnianya sepanjang masa. Semoga bisa menjadi pelajaran dan penyemangat kita supaya rajin membaca Alquran dan mau mengimplementasikan ayat ayat nya dalam kehidupan sehari-hari.

Posting Komentar untuk "Ayat Alquran Terpelihara Kemurniannya Sepanjang Masa"