Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dalil Tentang Kemurnian Alquran Al Hijr Ayat 9

KisahWeb - Dalil tentang kemurnian Alquran terdapat pada surah Al Hijr ayat ke 9 yang berbunyi "Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Alquran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya"

Bagi umat muslim, kemurnian Alquran tentu sudah diyakni. Alquran adalah firman Allah yang akan terjaga sepanjang masa. Sebagaimana yang Allah SWT telah jamin. Tidak ada sedikitpun keraguan atas isi isinya. Sebab Alquran adalah penyempurna kitab-kitab sebelumnya, yang berarti adalah kitab paling sempurna.

Beberapa orang yang tidak yakin dengan kemurnian Alquran, menganggap bahwa Alquran hanya dongeng saja. Sebab Alquran mereka anggap sebagai karangan Nabi Muhammad. Namun sejatinya Alquran adalah firman Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril.

Alquran merupakan hidayah yang diturunkan oleh Allah untuk seluruh umat manusia melalui Nabi Muhammad SAW. Kisah-kisah dalam Alquran telah membuktikan secara kuat bahwa Alquran bukanlah karya manusia tapi merupakan firman Allah yang diwahyukan kepada nabi Muhammad Saw. 

Sejak Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu, sudah ada sahabat yang menghapal Alquran. Ini bukti bahwa Alquran juga dijaga kemurnianya untuk masa depan. Dulu para ulama salaf dan sahabat pun banyak yang menghapal Alquran. Pun hingga kini.

Saat ini kita ketahui pula bahwa banyak penghapal Alquran di penjuru negeri. Pun di Indonesia. Selain penghapal, ada pula lembaga, sekolah dan juga instansi yang bertugas menjaga kemurnian Alquran. Banyak pemerintah di beberapa negara islam yang mencetak mushaf Alquran sebanyak banyaknya, tujuannya agar banyak umat yang bisa memiliki musfah Alquran.

Alquran juga dijaga dalam program skala besar sejumlah negara mendirikan lembaga pendidikan yang dikhususkan mempelajari Ulum Alquran (ilmu-ilmu tentang Alquran). Telah banyak pula kampus dengan jurusan studi Alquran yang akan mencetak muslimin yang ahli tentang hal ini. 

Mengenai Dalil tentang kemurnian Alquran dalam surat Al Hijr ayat 9, Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Universitas Islam Madinah menafsirkan bahwa ayat ini ialah bahwa ada para dai dan ulama yang kemudian akan bekerja keras menjaga kemurnian Alquran. 

Allah telah memfasilitasi ummat ini dengan mengeluarkan para dai untuk menyerukan kepada mereka syari'at ini juga sebagai pewaris para rasul, agar mereka terus bekerja keras mempertahankan agama islam, adapun Alquran nur karim Allah SWT telah menetapkan untuknya penjaga, sehingga jika ditambahkan di dalamnya satu hurufpun akan diketahui.

Sementara itu Kementerian Agama Kerajaan Saudi Arabia menafsirkan dalam kitab panduan bahwa "Dengan keagungan dan kekuasaan Kami, Kami menurunkan al-Qur’an kepada Nabi, dan Kami akan menjaganya hingga hari kiamat dari segala pengubahan". Bahwa Alquran akan terjaga kemurnianya. Sebab Allah SWT yang Maha Agung telah memberikan jaminan atas itu. Allah berkuasa dan maha berkuasa atas segala galanya, termasuk terjaganya firman-firman dalam Alquran sepanjang masa.

Dalil tentang kemurnian Alquran yang difirmankan oleh Allah adalah bukti nyata bahwa Alquran memiliki kemurnian isi baik isinya yang asli dari Allah dan juga masa depan Alquran setelah Nabi wafat. Alquran bukanlah dongeng belaka, dan isi Alquran juga akan murni sepanjang masa. 

Posting Komentar untuk "Dalil Tentang Kemurnian Alquran Al Hijr Ayat 9"