Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jumlah Kisah Dalam Alquran Berdasarkan Jurnal Penelitian

Kisah Web - Menurut Susilawati dan Jurnal Pendidikan Islam, jumlah kata kisah dipergunakan dalam al qur’an sebanyak 26 kali. Pengulangan kata kisah sebanyak itu mengisyaratkan urgensi kisah bagi kita. Sebab ada pelajaran penting yang terkandung dalam kisah-kisah yang termaktub di dalam al quran.

Masih dari sumber yang sama, dikatakan bahwa keberadaan Kisah dalam alquran cukup dominan. Mungkin lebih separuh alquran

disajikan dalam bentuk kisah. Surat-surat dalam al-Quran banyak menyajikan kisah-kisah. Dibuka dari surah ke dua yakni Albaqarah yang mengkisahkan sapi betina dan dilanjutkan dengan surat berikutnya Ali Imron yang menceritakan keluarga soleh. 

Berikut ini beberapa surah dalam Alquran yang berisikan kisah-kisah penuh hikmah

1. Surat Yusuf menyajikan kisah perjalanan hamba Allah yang saleh, mulai disakiti dan diusir hingga menjadi budak belian dan akhirnya menjadi imam yang ditaati. 

2. Surat Al-Isra menyajikan kisah Isra dan Mi`raj Nabi Muhammad Saw. 

3. Surat Al-Kahfi menyajikan kisah para pemuda pejuang keimanan dan keadilan karena dikejar-kejar penguasa zalim akhirnya diselamatkan oleh Allah dengan ditidurkan dalam sebuah gua selama lebih dari 300 tahun; dan kisah-kisah serupa lainnya. 

4. Surat Ar-Rum mengisahkan proses kehancuran Negara adikuasa dan kemenangan Islam. 

5. Surat Muhammad menuturkan watak Nabi Muhammad Saw beserta para pengikut setianya yang sangat keras terhadap orang-orang kafir tapi berkasih-sayang dengan sesama orang-orang beriman. 

6. Surat Al-Munafiqun mengisahkan kemunculan kaum munafiq ketika revolusi Islam hampir mencapai kemenangan. 

7. Surat Nuh dan Surat Hud menuturkan kisah para Nabi yang dalam berdakwah dan memperjuangkan misi Islam (tauhid dan keadilan) di tengah kaum `Ad dan kaum Tsamud yang kaya-raya dan melecehkan seruan Islam. 

8. Surat Al-Fil dan Surat Al-Quraisy yang mengisahkan karunia Allah bagi kaum Quraisy tapi malah disalah-artikan dengan tenggelam dalam kehidupan jahiliyah. 

9. Surat At-Takatsur yang menuturkan kisah orang-orang kaya yang tidak puas-puasnya menumpuk-numpuk harta hingga ajal merenggutnya.

10. Surat Al-Lahab yang mengisahkan perlawanan Abu Lahab terhadap perjuangan Nabi Muhammad Saw dengan segala kekuatan dan hartanya, tapi sia-sia belaka karena Allah Swt membela hamba-hamba Allah yang saleh dan selalu berjihad di jalan-Nya. 

11. Surat Al-Qashash satu surat yang diberi nama dengan kisah. Didalamnya ada beberapa kisah kisah.  

Di luar surat-surat yang bertemakan kisah bertebaran juga ayat-ayat Al-Quran tentang kisah-kisah. 

Secara spesifik, tidak ada yang mengatakan total jumlah kisah dalam Alquran. Namun alquran terdiri dari 114 surah, 30 juz dan 6236 ayat menurut riwayat Hafsh, 6262 ayat menurut riwayat ad-Dur, atau 6214 ayat menurut riwayat Warsy. 

Kemudian secara umum terdiri dari 30 juz (bagian). Menurut jenis tempat diturunkanya, Alquran dibagi menjadi jenis surah Makkiyah (mekah) dan Madaniyah (madinah).

"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu. (Muhammad dengan mukjizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al-Qur'an)." (An-Nisa 4:174)

Berdasarkan surah An Nisa diatas menegaskan bahwa Alquran adalah bukti kebenaran. Artinya bahwa kisah-kisah didalamnya adalah kisah yang benar terjadi dan menjadi pentunjuk untuk kita dimasa sekarang. 

Kebenaran kisah dalam Alquran pun meninggalkan bukti-bukti peninggalan sejarah diantaranya Ka`bah dan sumur Zam zam di Makkah, jasad Fir`aun, Piramida dan Spink di Mesir, waduk Ratu Bilqis di Yaman, dan sebagainya. Oleh sebab itu kita tidak bisa meragukan lagi untuk meneladani atau memetik kisah hikmah yang terdapat dalam Alquran. 

"Al-Qur'an ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini." (Al-Jatsiyah 45:20)

Seyogyanya kita belajar dari kisah-kisah yang didalamnya beserta perintah dan larangan serta pelajaran. Kemudian kita implementasikan dalam sendi kehidupan. 

Misal, kisah dalam surah Al Lahab yang menceritakan kebinasaan paman rasul akibat kebencian dan perilaku jahatnya. Kita pun tidak boleh meniru kejahatan yang dilakukan Abu Lahab tersebut seperti fintah, adu domba dan niat mencelakakan. 

Sobat, banyaknya jumlah kisah dalam Alquran memberikan gambaran bagaimana kisah kisah tersebut amat penting untuk kita pelajari. Peristiwa-peristiwa yang termuat dalam Alquran dengan kisah manusia dan masyarakat terdahulu itu bisa dijadikan sebagai i’tibar bagi umat islam. 

Posting Komentar untuk "Jumlah Kisah Dalam Alquran Berdasarkan Jurnal Penelitian"