Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Nabi Khidir Bertemu Dajjal

Kisah Web - Sampai saat ini, ada yang menyakini bahwa Nabi Khidir masih hidup. Walau banyak pula ulama yang menyanggahnya, sebab tidak ada dalil dan riwayat baku mengenai Nabi Khidir yang masih hidup. Termasuk juga cerita  bahwa nabi Khidir bertemu dengan Dajjal yang sampai ini belum diketahui sumbernya

Kisah Nabi Khidir yang amat populer dan terkenal adalah ketika ia bertemu dengan Nabi Musa. Saat itu Nabi Khidir mengajarkan ilmu hikmah kepada Nabi Musa dalam sebuah perjalanan hikmah. Kisah ini tercantum dalam  Al-Qur'an Surah Al-Kahf ayat 65-82. 

Selain kisah itu, sebenarnya tak banyak lagi kisah valid dari hadits dan juga dalil mengenai Nabi Khidir, namun namanya begitu sering menghiasi telinga umat muslim lantaran kisah hikmahnya bersama Nabi Musa. 

Secara geneologi, disebutkan dari wikipedia bahwa Nabi Khadir merupakan sepupu Raja Dzul Qarnain dari pihak ibu. Ibnu Abbas pun berpendapat bahwa Khadir adalah seorang anak cucu Nabi Adam yang taat beribadah kepada Allah dan ditangguhkan ajalnya. 

Dalam sumber yang sama juga disebutkan bahwa ibu Nabi Khidir berasal dari Romawi sedangkan bapaknya keturunan bangsa Parsi. 

Kemudian Mahmud al-Alusi menambahkan bahwa ia tidak membenarkan semua pendapat mengenai riwayat asal usul Nabi Khadir, tetapi An-Nawawi mengatakan bahwa ia adalah seorang putra raja. 

Banyak ulama yang sepakat bahwa Nabi Khidir telah meninggal dunia sebelum Nabi Muhammad diutus menjadi rasul. Sebagaimana Firman Allah di Surah Al-Anbiya ayat 34 : “Kami tidak menjadikan hidup abadi bagi seorang manusia pun sebelum kamu (Muhammad), maka jikalau kamu mati, apakah mereka akan kekal ?”

Kisah Nabi Khidir Bertemu Dajjal ?

Sampai saat ini (artikel ini ditulis), belum ada sumber valid mengenai pertemuan Nabi Khidir dan Dajjal. Kami juga tidak menemui dalil dan hadits mengenai cerita ini. 

Hanya ada beberapa blog dan juga website dan akun sosial media yang menuliskan kisah ini, namun beberapa blog dan web tersebut tidak mencantumkan sumber valid untuk ditelusuri.

Dalam beberapa sumber yang menyebutkan kisah nabi khidir bertemu dajjal tersebut terdapat beberapa kesamaan cerita. Yakni tentang Nabi Khidir melawan Dajjal. 

Nabi Khidir digambarkan sebagai pemuda pemberani yang kemudian berhadapan dengan Dajjal. Nabi Khidir juga memberi tahu para pengikut dajjal bahwa dajjal adalah pembohong.

Dalam kisah-kisah tersebut juga sama, menyebutkan kisah pertemuan Nabi Khidir dan Dajjal bersumber dari hadits riwayat muslim. Tapi, kami menelusuri hadits mengenai hal tersebut, kami tidak menemukanya. Nomor hadits juga tidak disertakan. 

Mengenai hal ini, kami mencari pembahasan yang terkait. Dalam publikasi media kenamaan Republika yang berjudul "Fatwa Qardhawi: Benarkah Nabi Khidir Masih Hidup?" dikatakan bahwa hikayat-hikayat tentang Nabi Khidir adalah rekayasa

Cerita ini disebarkan diantara sebagian orang awam dan mereka menganggapnya berasal dari agama mereka, padahal sama sekali bukan dari agama. 

Sesungguhnya orang-orang  selalu menyukai cerita-cerita ajaib dan dongeng-dongeng fantastis. Mereka menggambarkannya menurut keinginan mereka, sedangkan hasil dari imajinasinya, mereka gunakan sebagai baju keagamaan. Wallahualam Bissawab.

Sobat, sampai saat ini kami belum menemukan sumber valid yang menuliskan tentang cerita kisah Nabi Khidir bertemu dengan Dajjal. 

Adapun kisah yang disevar bersumber dari blog, youtube, facebook dan beberapa website yang belum terjamin kredibilitasnya

Mereka menuliskan bahwa kisah itu dari sebuah hadits, namun kami tidak menemukan hadits yang membahas pertemuan Nabi Khidir dan Dajjal.

Posting Komentar untuk "Kisah Nabi Khidir Bertemu Dajjal"