Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teks Pidato Tentang Pemuda Masa Kini Singkat dan Bermakna

Kisah Web - Narasi atau teks pidato tentang pemuda masa kini dapat menjadi alat untuk menggambarkan bagaimana seharusnya pemuda bersikap. Sebab saat ini banyak tantangan dan persaingan sehingga perlu ada kematangan diri pada pemuda. 

Pemuda adalah tonggak masa depan, artinya bahwa pemegang masa depan adalah pemuda saat ini. Baik buruknya masa depan, dimuali dari apa yang ada dalam otak dan aksi pemuda saat ini. Jika pemudanya hanya rebahan, apakah bisa membuat perubahan ?

Pembukaan Pidato Tentang Pemuda Masa Kini

Assalamualaikum Warahmatulahi Wabarakatuh. Selamat Pagi dan Salam Sejahtera Untuk kita semua. Salam terhangat dan selamat datang.

Pertama, marilah kita panjatkan rasa sykur kepada Allah SWT, tuhan yang maha esa. Berkat rahmatnya, kita bisa berkumpul dalam keadaan sehat walafiat. Salawat serta salam juga mari kita panjatkan kehadirat nabi muhammad SAW. Semoga syafaatnya dapat kita dapatkan, Amin.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan sedikit menyingung dan memotivasi para pemuda yang hadir. Sebab, saya tau benar bahwa pemuda amat memegang peranan penting dalam mengahadapi masa kini dan masa depan. Karenanya, pemuda perlu bekal dan arah.

Isi Pidato Tentang Pemuda Masa Kini

Pemuda jika diibaratkan dengan mesin, ialah mesin yang masih gres. Masih baru dan penih dengan tenaga. Mesin tidak gampang rusak dan bisa bekerja sangat maksimal. Mesin motor yang baru akan memberikan performa kecepatan amat kencang pada motor. Begitu kiranya perumapamaan pemuda, sama dengan mesin baru.

Masa SMP, SMA, Kiliah, Mondok dan pendidikan lainya adalah masa keemasan menyerap ilmu. Setalah ilmu diserap sebanyak-banyaknya kemudian diimplementasikan dengan maksimal. 

Kita amat mengingat dalam catatan seharah, bahwa dulu perjuangan para pemuda mampun membuat islam berjaya. Pemuda juga mesin utama dalam memerdekakan NKRI. Usaha dan kegigihan pemuda zaman old telah memberikan coretan tinta emas. Itulah yang harus dicontoh oleh pemuda masa kini. 

Jangan sampai kita menjadi pemuda jaman now yang justru larut dan bertekuk lutut terhadap dunia. Kemudahan teknologi dan melimpahnya ilmu justru tidak dimanfaatkan dengan baik. Justru hanya rebahan dan nonkrong tidak berfaedah saja. Kemudahan dan kenikmatan justru membuat terlena hingga menjerumuskan pada kemungkaran.

Siapa disini yang siap untuk maju ? Acungkan tangan !!! Katakan dengan keras, "Pemuda Bangkit" "Pemuda Bangkit"

Hadirin dan para pemuda yang saya banggakan, dengarkan pesan saya ini. Ingat baik-baik dan camkan. 

Pemuda jangan cuma rebahan, pemuda adalah agen perubahan

Pemuda jangan gedeian gengsi, tapi harusnya banyakin aksi

Pemuda harus aktif, jangan pasif

Jangan hanya mengandalkan uang orang tua untuk foya foya, buatlah karya

Hadirin dan pemuda sekalian, kini banyak kemudahan yang bisa dinikmati para pemuda. Pemuda masa kini amat digelontori banyak fasilitas. Pendidikan kita sudah baik dari sebelumnya. Kini bagi yang ingin belajar pun bisa secara mandiri, bisa otodidak di google. Belajar bisa online, apapun ada di Online.

Jadilah pemuda masa kini yang produktif, banyak pemuda yang sudah bisa membangun bisnis dan sukses di usia muda. Banyak pemuda yang mulai merintis start up. Mereka yang berfikir dan bergerak maju pastilah menuai hasil yang baik.

Jangan jadi pemuda yang tak berfaedah, kerjaanya nongkrong dan rebahan. Cuma bisa omong tanpa ada aksi. Hanya bisa mengomentari tanpa ikut memperbaiki. Pemuda yang malas dan bodoh akan susah dihari tua. Ia hanya akan mendapatkan kegagalan dan juga penyesalan.

Oleh sebab itu, manfaatkan masa mudamu sebelum masa tuamu datang. Kejar mimpimu, tak apa berdarah darah saat muda, asal jangan mandi darah saat tua. Tak apa keringatmu terperas saat muda, asal jangan susah dimasa tua. Begitulah etos pemuda yang sukses.

Ingat bahwa Allah tidak akan mengubah nasib pemuda, kecuali pemuda itu mengubah nasibnya sendiri. Ingat juga bahwa waktu yang diberikan Allah adalah karunia yang dimintai pertanggungjawaban. Jangan sampai kita terjerumus dalam kesia sia an dan hal negarif. Masa muda adalah emas, adalah masa jaya. Maka pergunakanlah kesmepatan masa mudamu itu. 

Penutup Pidato Tentang Pemuda Masa Kini

Hadirin dan para pemuda sekalian. Belajarlah dari yang sudah-sudah. Ambil hikmah dari cerita baik dan buruk. Yang baik silahkan dicontoh, yang buruk jadikan pelajaran. Begitulah cara orang bijak hidup. 

Kita punya teladan, Nabi Muhamad SAW. Jadikan perjalanan beliau sebagai contoh. Nabi Muhammad muda sudah bisnis lintas negara, akhlaknya pun baik. Beliau pun menuai hasil yang amat besar berkat etos kerja dan akhlak baiknya. Maka contohlah beliau.

Hadirin pesan saya terakhir adalah mari bangkit dari tidur. Sadarilah bahwa masa muda tidak akan terulang dua kali. Jangan sampai waktu muda hanya diisi dengan hal sia sia dan merugikan. Sebab untuk mempebaiki masa lalu itu sulit, namun kita bisa menata masa depan kita mulai dari saat kita muda. Salam

Akhir kata, saya mohon maaf jika ada kesalahan kata. Kesempurnaan hanyalah milik Allah, kesalahan letaknya pada diri saya. Semoga kita dapat mengambil pelajaran dari waktu ini. Saya akhiri Wasalamualaikum Warahmayulahi Wabaraktuh. 

Sekian

Sabat,, itulah pidato singkat tentang pemuda masa kini. Semoga dapat menjadi referensi dan inspirasi sebelum berpidato. Cara menguasai panggung pidato adalah dengan menguasai diri terlebih dahulu. Persiapkan mental anda, belajar dan juga tingkatkan kepercayaan terhadap diri. Salam

Posting Komentar untuk "Teks Pidato Tentang Pemuda Masa Kini Singkat dan Bermakna"