Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alangkah Meruginya Jika Tidak Menyempatkan Baca Alquran Setiap Hari, Sesibuk Apa !!

Kisah Web - Kerugian besar apabila kita tidak menyempatkan membaca Alquran setiap hari. Sebab membaca satu huruf pahalanya amat besar. 

“Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah (Al-Quran) maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf; lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR At-Tirmidzi).

Sesibuk apa diri ini hingga tidak bisa meyempatkan untuk merengkuh amal kebaikan. Sebab apa yang dibawa mati kecuali amal ? Bahkan kita mengetahui bahwa teman sejati dalam kubur nanti adalah amal. Lantas mengapa kita memperbanyak teman sejati.

Alangkah merugi jika kita melenakan hari dengan hanya mengejar duniawi, padahal mengejar dunia ini sementara. Hal yang logis dan benar adalah mengejar keduanya, akhirat dan juga dunia. 

1. Lebih Banyak Baca Caption Orang

Seberapa lama anda bermain sosmed dalam setiap hari. Mungkin jika diakumulasikan, dalam sehari anda bisa berjam-jam membuka sosmed. Bandingkan dengan anda membaca Alquran ? Apakah caption dan status orang lebih penting daripada membaca Alquran ? 

Bacalah Alquran, maka sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya." Hadis sahih ini diriwayatkan Imam Muslim. Tak apa membuka sosmed, tapi jangan abaikan baca Alquran ya.

2. Waktu Terbuang Sia-sia

Rebahan, profesi baru anak muda saat ini. Karena banyak waktu yang tidak bisa dimanfaatkan dengan baik, akhirnya rebahan jadi pilihan utama. Tak terasa waktu habis sia-sia. Waktu akan sirna, sedangkan manusia akan abadi. Menyianyiakan perjalanan singkat di dunia tentu akan berbuah kerugian besar. Tak apa rebahan, tapi sambil baca quran. Sungguh, manusia itu dalam kerugian besar, kecuali mereka yang terus berbuat baik dan saling menasihati.

3. Coba Niatkan

Ada niat ada jalan, coba niatkan setiap hari untuk membca Alquran. Instal aplikasinya di gawai dan buat komitmen. Coba kebiasaan membaca alquran setuap hari selama sebulan. Biasakan, jika komitmen dilanggar, maka hukum diri sendiri. Latihan seperti cukup ampuh untuk melatih diri.

4. Waktu Terbaik Untuk Meyempatkan

Setiap hari, kita menjalankan solat 5 waktu. Di setelah solat inilah waktu terbaik untuk menyempatkan. Sempatkan minimal 5 menit untuk membuka Alquran dan membacanya. 

5. Percayalah Bahwa Membaca Al quran Banyak Manfaatnya

Kebiasaan anak muda saat ini adalah update status saat galau. Nah, jika itu kebiasaan anda, maka ganti dengan baca Al Quran. Setiap mendapat masalah atau galau, coba baca Alquran. Baca ayat atau surat yang relevan dengan kondisi anda. Itu akan bermanfaat dan berfaedah ketimbang update status galau.

Membaca Alquran dapat menenangkan pikiran dan batin, sesuai dengan firman Allah SWT yang dinyatakan jelas dalam surat Ara-ra’d pada ayat 28 : “Orang-orang yang beriman akan memiliki hati yang tenang dan tenteram jika selalu ingat dengan Allah SWT, maka ingatlah karena hanya dengan mengingat-Nya, hatimu menjadi tenteram.”

Yuk ingat Allah dengan membaca firmannya

6. Iman Naik Turun, Atasi Dengan Baca Al quran

Iman terkadang naik turun. Lingkungan, situasi dan pengaruh lainya dapat membuat iman menurun atau naik. Membaca Alquran dapat mendorong iman agar stabil. Ngaji Alquran amat penting, tanamkan motivasi ngajimu karena ingin mendapatkan petunjuk maka, sedari awal kamu memiliki keimanan terhadap kebesaran Allah SWT.

7. Amankah Hidup Tanpa Petunjuk

Bagaimana kita hidup tanpa sebuah petunjuk. Ibarat pergi kesebuah tempat tanpa tau arahnya, pasti perjakanan akan berantakan. Oleh sebab itu, gunakan Al quran sebagai petunjuk hidup. 

Dengan Alquran kita juga memiliki standar hidup yang jelas dalam perbuatan kita, mana yang boleh dilakukan, mana yang tidak boleh dilakukan. Dan standar itu sifatnya pasti karena berasal dari Allah SWT Dzat yang Maha Sempurna. 

Buah yang kita dapatkan  pun jelas. Kalau kita melakukan yang diperintah Allah SWT dalam Alquran kita akan mendapat kebaikan di dunia dan di akhirat. Sebaliknya, kalau kita melanggar perintahnya, kita akan mendapatkan keburukan di dunia dan azab Allah SWT di Akhirat.

Jasi, alangkah meruginnya kita jika tidak membaca Alquran. Alangkah kacaunya hidup kita jika tidak menggunakan petunjuk untuk menjalani hidup. Yuk biasakan membaca Al Quran setiap hari. Salam. 

Posting Komentar untuk "Alangkah Meruginya Jika Tidak Menyempatkan Baca Alquran Setiap Hari, Sesibuk Apa !!"