Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kisah Inspiratif Kuli Bangunan Sukses

Kisah Web - Ada banyak kisah inspiratif kuli bangunan yang bisa menjadi motivasi untuk kita. Mereka yang bergelut dengan kerasnya pekerjaan di bangunan kemudian mentas dan sukses membangun usaha atau berkancah di dunia politik seperti dalam kisah kisah ini. 

Profesi kuli bangunan adalah salah satu profesi berat dan kasar. Istilah banting tulang dan banting otot sering disandangkan pada pekerka kuli bangunan. 

Oleh sebab itu, itu bukanlah profesi biasa, sebuah pekerjaan berat yang menguras tenaga ekstra dengan resiko tinggi bahkan dapat mengancam keselamatan hidup. Mayoritas pekerjaan kuli bangunan pun tidak diberi upah yang besar, padahal kerjanya amat berat.

Menjadi kuli bangunan memang tidaklah membutuhkan sekolah tinggi dan ijazah. Yang  terpenting adalah kemauan untuk kerja keras. Namun menjadi kuli bangunan tak semerta hidup susah berkepanjangan. Jika pandai menyikapi dan memperjuankan hidup, seorang kuli bangunan bisa saja sukses. "Berikut ini beberapa kisah inspiratif kuli bangunan yang sukses"

1. Kuli Bangunan Jadi Aanggota DPR

Dikisahkan Budiono adalah seorang mantan kuli bangunan yang sukses. Namun sebelum sukses ia pernah berjuang keras, dan sempat menjadi kuli bangunan. Budiono berkisah, selepas ia tamat pendidikan Sekolah Guru Olahraga (SGO) 1990 di madiun. Ia memilih merantau ke tanah Sumatera. Namun ia tak berah. Hanya bertahan 6 bulan. 

Perjalanan waktu membuat ia tertarik untuk ikut dunia politik. Ia pun bergagung bersama partai moncong putih. Bukan menjadi pejabat tinggi, namun ia hanyalah seorang Satgas di kelurahan. Pelan tapi pasti, ketekunan dan kelincahannya mencari celah jadi awal suksesnya di kemudian hari.

Tahun 2010 Budiono pun batal menduduki kursi empuk DPRD Balikpapan. Meski sempat gagal nyalon, namun Budiono tatap menunjukan loyalitasnya dan tak menyerah. 

Budiono kembali mencoba peruntungan yang kedua sebagai caleg pada 2014. Berbekal loyalitas pada partai dan kesabarannya di masa lalu, 2400 suara rakyat akhirnya mengantarkan Budiono menjadi anggota DPRD Balikpapan hingga tahun 2019.

Kisah ini membuktikan bahwa roda bisa berputar. Bahwa kerja keras akan mengantarkan pada hasil yang tidak berkhianat. Namun kerja keras tersebut juga harus diiringin dengan doa dan juga kecerdadan dalam melangkah. 

2. Anak Kuli Bangunan Jadi Penghapal Alquran

Seorang santri asal Muara Enim yang merupakan anak seorang kuli bangunan menjadi viral setelah ia membuat prestasi. Mu'adz sudah menyelesaikan hafalan Alqurannya. Hafalannya sudah 30 juz dan saat ini ia tengah fokus mengulang hafalan tersebut agar tak hilang.

Mu'adz merupakan santri di Pesantren Tahfidz Daarul Qur'an Al-Jannah di Cariu, Bogor, Jawa Barat, ia duduk di bangku kelas lima KTMI. Selain prestasi ia juga adalah penghapal alquran.

terlebih hafalan Alqurannya. Anak kuli bangunan ini membuktikan tentang sebuah perjuangan orang tua. Meski sebagai kuli bangunan, namun pendidikan agama anak adalah prioritas yang harus diusahakan.

3. Kuli Bangunan Jadi Pengusaha Minyak Cengkeh

Bermula dari keberanian mengeluarkan modal 500 ribu untuk modal usaha penyulingan cengkeh, kini omset Supardi sebesar 12 juta rupiah. Kini ia telah mengubah nasib, dulunya berpenghasilan puluhan ribu rupiah per hari saat menjadi kuli bangunan. Kni ia bisa meraup jutaan dalam sehari.

Namun bukan tanpa rintangan, banyak sekali halangan serta ujian yang dihadapi Supardi. Tekat dan mimpi nya untuk memperbaiki nasib membuatnya semangat bekerja keras hingga menuai hasil.

4. Dari Kuli Bangunan Jadi Bos Eskrim 

Hanya seorang lulusan SD, tak pandai baca dan tulis, namun berkat kerja keras dan kerja cerdasnya ia mampu menjadi pengusaha sukses. Ialah Sanawi, pria kelahiran jawa yang merantau ke kamilantan. Sanawi melihat peluang dan mampu mengolah bisnis eskrim. 

Kini ia telah bekerja sama dengan lebih dari 700 pengecer. Dalam sebulan, Sanawi bisa menjual es krim hingga 9.000 ember di Banjarmasin dengan omzet hingga Rp 1,5 miliar per bulan. Dashyat.

5. Wak Doyok

Bagi kaum adam, nama wak doyok sudah tidak asing lagi. Ia adalah owner penumbuh bulu terkenal yang telah sukses membangun brang usahanya. Dibalik kesuksesahnya itu, ia dulunya adalah seorang kuli bangunan. pemilik nama asli Mohd Azwan Md Nor ini dulunya pernah bekerja sebagai kuli bangunan. Ia mulai menjalani pekerjaan tersebut pada 2010 setelah dirinya di-PHK tahun 2008.

Sobat, itulah deretan kisah inspiratif kuli bangunan yang kini telah sukses. Semoga kicah-kisah ini bisa kita ambil hikmahnya. Tak ada kata terlabat untuk memulai langkah sukses. Apapun profesi kita saat ini, tetaplah punya mimpi dan asa untuk sukses. Salam.

Posting Komentar untuk "5 Kisah Inspiratif Kuli Bangunan Sukses"