Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kisah Binatang di Kapal Nabi Nuh Terlengkap

Kisah Web - Dibalik peristiwa besar kapal Nabi Nuh yang dibuat untuk menghindari banjir, ada beberapa kisah binatang di Kapal Nabi Nuh yang sangat menarik. Diketahui bahwa kapal megah itu tidak hanya mengangkut manusia beriman saja, namun Allah juga memerintahkan untuk menyelamatkan binatang.

Setelah Nabi Nuh berhasil membuat kapal, Allah mengirimkan tanda untuk segera bersiap dengan banjir besar yang akan dikirim untuk menenggelamkan seluruh daratan. Allah juga segera memberi perintah Nabi Nuh untuk mengangkut orang-orang beriman dan juga binatang yang berpasangan. Binatang ini diangkut agar bisa selamat dan kemudian bisa berkembang biak lalu mengisi bumi lagi. 

Berikut ini adalah beberapa kisah binatang di kapal Nabi Nuh dan penjelasan mengenai luas kapal sebagai penampung binatang saat itu.

1. Ukuran Besar Kapal membuat Banyak Binatang Bisa Masuk

Selain diperintahkan oleh Allah, pembauatan kapal ini juga diawasi oleh Allah sebagaimana difirmankan dalam surat Hud ayat 37. "Buatlah kapal itu dengan pengawasan dan petunjuk wahyu Kami dan janganlah engkau bicarakan dengan Aku tentang orang-orang zalim sesungguhnya mereka itu akan ditenggelamkan," 

Diriwayatkan, Nabi Nuh membangun bahtera ini dalam waktu yang lama. Ibnu ‘Abbas RA mengatakan bahwa panjang bahtera itu 1.000 siku, lebarnya 600 siku, dan tingginya 300 siku. Dibangun dalam waktu 40 tahun lamanya. 

Dengan ukuran yang megah itu, banyak binatang yang bisa diangkut oleh Nabi Nuh. Baru-baru ini terdapat kabar bahwa ada sekelompok mahasiswa yang melakukan penelitian tentang seberapa banyak daya tambung kapal Nabi Nuh. Studi dari Para mahasiswa dari University of Leicester, Inggris mengatakan bahwa bahtera nabi nuh mampu Angkut 2,1 Juta Domba.

2. Apakah Semua Jenis Hewan Diangkut Oleh Kapal Nabi Nuh ?

Tak mudah untuk menjawab pertanyaan mengenai binatang apa saja yang dimuat oleh Nabi Nuh. Hingga saat ini masih terjadi perdebatan soal binatang yang ikut naik kapal Nabi Nuh. Apakah semua hewan masuk kapal, atau hanya yang disekitar wilayah Nabi Nuh. Al quran hanya menerangakan mengenai perintah untuk mengangkut hewan dalam keadaan sepasang. 

"Hingga apabila perintah Kami datang dan dapur telah memancarkan air, Kami berfirman: "Muatkanlah ke dalam bahtera itu dari masing-masing binatang sepasang (jantan dan betina), dan keluargamu kecuali orang yang telah terdahulu ketetapan terhadapnya dan (muatkan pula) orang-orang yang beriman". Dan tidak beriman bersama dengan Nuh itu kecuali sedikit" Surat Hud Ayat 40

Setelah banjir, berikut ini beberapa kisah binatang yang ada di dalam kapal Nabi Nuh. Wa Allahu A'lam. 

3. Perseteruan Kucing dan Anjing di Kapal

Setalah berbagai macam binatang dan pengikut Nabi Nuh naik ke bahtera, nabi nuh memerintahkan semua penumpang kapal untuk tidak bersetubuh. Nabi Nuh khawatir penumpang akan berkembang biak sehingga bahtera menjadi penuh sesak. Semua pun mengikuti perintah ini kecuali Anjing. 

Anjing mengawini betinanya dan perbuatan anjing tersebut dilaporkan oleh kucing kepada Nabi Nuh. Mengetahui ini, anjing mendapat teguran. Namun bukanya kapok, Anjing justru mengulanginya. Anjing kawin dua sampai tiga kali lagi. Hal itu kembali dilaporkan oleh kucing kepada Nabi Nuh AS. 

Mendengar laporan kucing,  Nabi Nuh mengutuk keduanya dengan aib. Sejak saat itu, terjadilah permusuhan antara anjing dan kucing, dan jika keduanya melakukan jima', pasti diiringi keributan.

4. Kotoran Binatang Menumpuk di Kapal

Karena waktu yang terus berjalan, kotoran para binatang pun menumpuk di bahtera. Tentu ini menghasilkan kepenatan dan bau yang tak sedap. Nabi Nuh pun dibuat kepusingan karena hal ini. Kemudian Allah pun memberikan wahyu kepada Nabi Nuh untuk memmeras ekor Gajah. Dari perasan ekor gajah itu, muncul babi jantan dan babi betina. Kemudian Babi memakan kotoran yang menumpuk di bahtera itu.

5. Perseteruan Kucing dan Tikus

Setelah Babi muncul, ada hewan baru lagi yang muncul di kapal. Ketika Babi bersin muncul tikus jantan dan betina. Lantas tikus-tikus ini menggerogoti bagian-bagian pinggir kapal. Lagi-lagi ini masalah ini membuat Nabi Nuh pusing. 

Kemudian, Nabi Nuh memerintahkan  kawanan kucing  untuk mengusir kawanan tikus. Kawanan kucing memangsa tikus dengan cepat hingga memusnahkan tikus yang terakhir. Asbab peristiwa ini terjadilah permusuhan antara kucing dan tikus.

Sobat, itulah deretan kisah binatang di kapal Nabi Nuh. Semoga kisah ini semakin meningkatkan keimanan kita. Sebab setiap kisah pasti ada hikmahnya, dan hikmah itu bisa kita jadikan untuk penguat iman. Salam

Posting Komentar untuk "5 Kisah Binatang di Kapal Nabi Nuh Terlengkap "