Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Inspiratif Emas dan Tanah Beserta Maknanya

Kisah Web - Terdapat salah satu cerita atau kisah inpiratif emas dan tanah. Kisah sebongkah emas yang berdialog dengan tanah ini viral di sosial media. Bahkan beberapa media online nasional pun banyak yang mengunggahnya. Terdapat pesan yang bisa kita jadikan sebagai pengingat diri dari kisah ini. 

Percakapan antara emas dan tanah ini memang sangat syarat akan pesan moral. Meski tanah tak berharga, ia bisa memberikan banyak manfaat bagi yang disekitarnya. Sementara emas yang bernilai tak bisa memberikan manfaat bagi yang disekitarnya. 

Dialog Emas dan Tanah 

Emas berkata pada tanah: “Coba lihat pada dirimu, suram dan lemah, apakah engkau memiliki cahaya mengkilau seperti aku ? Apa engkau berharga seperti aku. Jawablah wahai tanah !"

Tanah menggeleng dan menjawab: “Aku bisa menumbuhkan bunga dan buah, bisa menumbuhkan rumput dan pohon, bisa menumbuhkan tanaman dan banyak yang lain, apakah kamu bisa wahai logam mulia ?



Mendengar jawaban itu, emas pun terdiam seribu bahasa. Emas tertunduk. Ia tak menyangka kalau tanah justru punya manfaat yang banyak. Sedangkan ia selama ini hanya bongkahan mahal yang tak bisa memberi manfaat bagi sekitarnya. 

Pesan yang Terkandung dalam Kisah Motovasi Emas dan Tanah

Dalam hidup ini banyak orang yang seperti emas, berharga, menyilaukan tetapi tidak bermanfaat bagi sesama. Sukses dalam karir, rupawan dalam paras, tapi sukar membantu apalagi peduli.?

Tapi ada juga yang seperti tanah. Posisi biasa saja, tak mentereng namun ringan tangan siap membantu kapanpun.

Makna dari kehidupan bukan terletak pada seberapa bernilainya diri kita, tetapi seberapa besar bermanfaatnya kita bagi orang lain.?

Jika keberadaan kita dapat menjadi berkah bagi banyak orang, barulah kita benar- benar bernilai.?

Apalah gunanya kesuksesan bila itu tidak membawa manfaat bagi kita, keluarga dan orang lain. Apalah arti kemakmuran bila tidak berbagi pada yang membutuhkan. Apalah arti kepintaran bila tidak memberi inspirasi di sekeliling kita. Karena hidup adalah proses, ada saatnya kita memberi dan ada saatnya kita menerima.?

Ayat atau Dalil Tentang Saling Membantu Atau Tolong Menolong

Allah sudah memerintahkan kita agar saling tolong menolong. Artinya bahwa manusia juga diperintah untuk saling bermanfaat bagi sesamanya dalam hal kebaikan. Misalnya, dalam Surat Al-Maidah ayat 2, Allah SWT berfirman: "Dan tolong-menolong lah kamu dalam kebaikan dan ketakwaan. Dan janganlah tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwa lah kamu kepada Allah, sesungguhnya siksa Allah sangat berat"

Salah seorang tokoh akademisi terkenal yakni Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Komaruddin Hidayat dalam bukunya berjudul Ungkapan Hikmah mengatakan, membantu sahabat atau orang sekitar sama saja sebagai tindakan menebar vibrasi syukur kepada Allah SWT. 

Sobat , manusia akan hidup lebih baik jika ia bersosialisasi. Sebab manusia adalah mahkluk sosial, bukan mahkluk uang. Kenapa manusia harus saling membantu sesamanya ? Selain berguna bagi orang yang dibantu, seseorang yang membantu juga akan mendapat kebaikan dalam hidup. 

Kisah inspiratif emas dan tanah ini semoga bisa menjadi motivasi bagi kita untuk menebar kebermanfatan kepada sesama. Terutama kepada orang terdekat seperti keluarga, saudara dan juga teman. Berniatlah untuk menjadi orang yang bermanfaat. Sebab niat adalah langkah awal, sebab awal ada akhirnya. Salam.

Posting Komentar untuk "Kisah Inspiratif Emas dan Tanah Beserta Maknanya "