Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siapa Bilang Rasulullah Tidak Pernah Bercanda, Ini Candaan Berkelas Beliau

Kisah Web – Siapa bilang Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam (SAW) tidak pernah bercanda. Ada beberapa kisah humor dan canda Rasulullah SAW yang bisa menjadi inspirasi yang sehat, cerdas, positif dan menyegarkan.

Meskipun seorang Nabi, beliau tetap bercanda dan memiliki humor sebagaimana manusia pada umumnya. Hanya saja canda beliau tak pernah dusta. Salah satu candaanya adalah ketika ia mengatakan anak unta untuk membantu memindahkan barang-barang.

Dikisahkan, seseorang sahabat mendatangi Rasulullah SAW dan meminta agar membantunya mencari unta untuk memindahkan barang-barangnya. Mendengar permintaan tersebut, Rasulullah SAW justru menjawabnya dengan candaan. Namun candaan itu candaan “berisi” dan justru membuka pola pikir, Bukan candan yang kosong.

Jawaban Rasulullah  SAW atas permintaan sahabatnya yang meminta dicarikan unta untuk memindahlan barang itu yakni: “Kalau begitu kamu pindahkan barang-barangmu itu ke anak unta di seberang sana”.

Jawaban itu lantas membuat bingung. Sahabat itu bingung bagaimana mungkin seekor anak unta dapat memikul beban yang berat. Ia pun kemudian bertanya kepada Rasulullah SAW untuk sekadar meyakinkan dirinya. “Ya Rasulullah, apakah tidak ada unta dewasa yang sekiranya sanggup memikul barang-barangku ini?”

Rasulullah pun menjawab, “Aku tidak bilang anak unta itu masih kecil, yang jelas dia adalah anak unta. Tidak mungkin seekor anak unta lahir dari ibu selain unta” Sahabat pun tersenyum dan dia-pun mengerti canda Rasulullah SAW.

Kisah candaan cerdas Rasulullah  SAW tentang anak unta ini tentu membuktikan bahwa Rasulullah SAW juga manusia biasa yang memiliki humor. Namun tentu saja humor beliau adalah humor yang cerdas dan tidak sembarangan. 

Wallahualam Bisawab

Posting Komentar untuk "Siapa Bilang Rasulullah Tidak Pernah Bercanda, Ini Candaan Berkelas Beliau"