Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Air Putih yang Membongkar Kebohongan, Caranya Sangat Cerdik

Kisah Web  - Salah satu sahabat yang dikenal jujur adalah Lukman Al-Hakim. Ia selalu berkata benar dan menunaikan amanat. Ia juga meninggalkan susuatu yang tidaklah berguna. Ia adalah pengembala yang cerdik, suatu ketika ia pernah membuka sebuah kebohongan hanya dengan air putih.

Kisah itu terjadi saat Lukman Al-Hakim disuruh untuk memanen hasil kebun bersama para budak yang lainnya. Disinlah para budak melakukan hal yang tidak terpuji. Mereka tergiur untuk memakan semua hasil panen buah-buahan segar tersebut. Mereka pun menyantapnya, kecuali Lukman Al-Hakim yang takut dengan Allah.

Rombongan itu kemudian kembali, namun dengan tangan kosong. Buah telah pindah ke perut mereka. Melihat itu, sang majikan marah besar. Ia geram dan murka. "Siapa yang mengambil semua buahku" tanya majikan dengan lantang yang membuat semua takut. Para budak menuduh bahwa Lukman lah pelakunya.

Mendengar tuduhan itu, Lukman berkata, “Sesungguhnya orang munafik itu tidak amanah di sisi Allah. Saya bisa membuktikan siapa sesungguhnya yang memakan buah-buahan itu.”

Ia pun mengambil air putih dan menyodorkan kepada para budak seraya berkata, “Mari kita minum air putih ini agar bisa memuntahkan makanan yang baru kita makan.” Para budak tidak berani mengelak karena tuannya pun mendukung usul Lukman.

Sang majikan segera meminta semua meninum air putih itu hingga semua budak itu begah. Termasuk Lukman Al-Hakim pun meminum air putih itu.  

Ketika semua memuntahkan isi perutnya, terlihat bahwa Lukman hanya memuntahkan air bersih, sedangkan yang lainnya memuntahkan buah-buahan. Jadi, terbuktilah bahwa Lukman adalah orang jujur dan tidak bersalah. 

Kisah ini menggambarkan bagaimana kecerdikan seorang Lukman Al-Hakim. Selain amanah, jujur dan juga taat perintah majikan, Lukman Al-Hakim  memiliki cara cerdas untuk membuktikan kebenaran. 

Posting Komentar untuk "Kisah Air Putih yang Membongkar Kebohongan, Caranya Sangat Cerdik"