Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Inspiratif Nenek, Selalu Mengumpulkan Botol Bekas

KisahWeb -  Seorang nenek-nenek melakukan hal yang inspiratif. Ia memilah sampah dirumahnya. Jika dirasa sampah itu berguna bagi pemulung, ia akan mengumpulkan dan memberikan sampah tersebut. Ternyata sang nenek ini melakukan hal ini sejak gadis. Begini kisah selengkapnya:

Aku tidak pernah mengetahui alasan kenapa neneku selalu mengumpulkan botol bekas, kertas bekas dan beberapa barang bekas lainnya. Hal itu awalnya ku anggap tidak biasa karena pada umumnya sampah memang seharusnya dibuang. 

Foto ini hanya ilustrasi yang bersumber dari Pixabay

Tetangga di samping kanan dan kiri rumahku pun membuang sampah-sampah mereka. Namun tidak dengan neneku. Sampai pada suatu ketika aku terharu saat melihat neneku memberikan barang-barang bekas tersebut kepada pemulung yang melintas di depan rumah.

Ternyata selama ini ia sering memberikan barang yang dianggap sampah oleh sebagian orang itu kepada si pemulung yang saban hari mencari barang bekas atau sampah. Nenek juga memberikan tambahan berupa makanan kepada para pemulung.

Melihat itu, lantas aku pun bertanya. “Apa alasan nenek melakukan ini ?” Nenek pun menjawab dengan singkat “Kita diperintahkan untuk berbuat baik, dan itu kebaikan yang bisa nenek lakukan di masa tua ini

Kisah inspiratid nenek mulia ini dapat menjadi pelajaran untuk kita. Bahwa untuk melakukan kebaikan, kita bisa memulainya dari hal yang sepele. Bahkan kebanyakan orang tidak mengangap itu sebuah kebaikan, namun nyatanya berguna untuk orang. 

Selama ini kita terpaku bahwa sedekah harus uang. Nyatanya sedekah bisa berupa barang, jasa dan senyuman. Allah memberikan banyak keringanan untuk hambanya yang beruat baik. Allah memberikan banyak pintu surga untuk kita, tugas kita adalah mendatangi pintu itu. Kemudian jika Allah ridho, maka Allah akan membukakan pintu surge tersebut untuk kita. 

Kini, di era yang sudah maju. Para “orang baik” juga melakukan banyak sedekaf kreatif. Ada yang bersedekah dengan mengajak jalan-jalan anak panti asuhan ( Komunitas Wisata Panti ) ada yang sedekah dengan Barang Kesayangan, sedekah sehari seribu dan lainya. 

Bahkan ada salah satu kampung sedekah, dimana semua masyarakatnya diajak untuk mengisi kencleng sedekah. Gerakan sedekah kampung ini diinisiasi oleh yayasan sedekah ngider. 

Pesan dari kisah ini yakni jangan mentok ide jika ingin berbuat baik atau bersedekah. Ada banyak hal disekitarmu yang bisa dikonvesi menjadi nilai kebaikan atau pahala. Janganlah menjadi hamba yang fasik. Jangan banyak alasan jika diperintahkan untuk berbuat kebaikan. 

Kita tidak pernah tahu kebaikan mana yang akan membawa kita ke surga, tugas kita adalah senantiasa berbuat baik, walaupun itu hanya sekecil biji Dzarrah

Posting Komentar untuk "Kisah Inspiratif Nenek, Selalu Mengumpulkan Botol Bekas"