Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini 7 Keuntungan Menulis di Storial, Dapat Royalti ?

KisahWeb - Apa saja keuntungan menulis di Storial yang bisa didapatkan penulis ? Kami mencatat ada 7 keuntungan yakni Bisa mendapatkan uang / royalti, meningkatkan skil  menulis, lebih profesional dalam menulis, bisa ikut event / lomba menulis memperbanyak teman dan sebagai Rauang kolaborasi.

Platform Storial bisa dibilang sebagai jembatan bagi penulis lokal keoada pembaca. Hasil karya seorang penulis bisa dinikmati oleh lebih banyak pembaca. Sedangkan di sisi pembaca, mereka bisa mendapat bahan bacaan secara gratis. 

Yang paling simpel adalah, anda yang hobi menulis bisa menungakan hobi disini, sedangkan yang suka membaca, ada ribuan karya yang bisa diakses secara gratis. 

Bagi anda penulis atau yang sekadar hobi menulis Berikut ini adalah 7 keuntungan menulis di Storial

1. Bisa mendapatkan uang / royalti

Hal yang banyak diincar dari penulis adalah sebuah keuntungan berupa uang. Ya, sebagain besar penulis atau seseorang yang suka menulis adalah mendapatkan penghasilan tambahan dari aktivitas menulis. Anda bisa mendapatkan royalti di Storial, laman resminya pun sudah memberitahukan mengenai hal ini.

Dilansir dari Notif id CEO Storial Steve Wirawan menuturkan bahwa  cerita dari penulis yang tergabung dalam premium writer, yakni penulis yang telah terkurasi dengan baik oleh tim editorial Storial dan telah menuliskan minimal 10 bab dengan setidaknya 2,000 views  berpotensi untuk mendapatkan royalti dari karyanya setelah tulisannya di review oleh tim editor Storial.

Dari menulis cerita di Storial, beberapa penulis kami ada yang mendapat royalti hingga lima kali lipat dari UMR di kota mereka per bulannya,” kata Steve menambahkan, dilansir dari media yang sama

Di laman resmi Storial, memang disebutkan bahwa penulis berpeluang mendapatkan royalti. Namun untuk hitungan royalti tersebut belum dijelaskan secara resmi. Apakah bentuknya monetize atau poit dan atau bentuk lainya. 

Menurut pengamatan kami, mungkin nilai royaltinya tidak terlalu besar. Dan tidak mudah untuk mendapatkanya. Namun jika ditekuni, itu bisa menambah pundi rupiah anda. Sama seperti royalti yang diberikan platform menulis online lain seperti IDN Times, Hipwee, Babe dan lainya. Sejauh ini royalti yang bernilai besar bagi penulis online adalah dari google adsanse. 

2. Bisa Menigkatkan Kemampuan / Skil Menulis

Jika anda berniat untuk meningkatkan skil menulis, platform Storial cocok untuk anda jadikan sebagai wadah. Konsistensi, kualtitas dan kuantitas tulisan anda bisa di tuangkan disini. 

3. Lebih Profesional dalam Menulis

Disini penulis berhadapan langsung dengan pembaca, pembaca adalah netizen bebas berkomentar. Bisa jadi mereka suka dan bisa jadi mereka tidak suka dengan karya penulis. Kemudian kritik dan saran serta pujian pun bisa datang sewaktu waktu.

Setiap karya yang dipublikasikan akan dilihat dan dibaca oleh pembaca. Disini penulis juga diajarkan untuk mendesain cover, membuat kata kunci dan secara tidak langsung dituntut untuk mempromosikan tulisan. 

Perlu diketahii bahwa di dunia profesional, penulis tidak hanya dituntut menghasilkan tulisan bagus, namun ia juga kudu bisa mempromosikan buku nya. Sebab tanggung jawab penjualan tidak hanya ditangan penerbit. 

Kita bisa melihat bagaimana Firsa Bersari, Sujiwo Tejo dan Tere Loye yang aktif dalam mempromosikan buku mereka. Walau penerbit sudah memiliki nama besar, namun penulis tidak boleh berhenti untuk membantu promosi. Sebab makin banyak terjual maka semakin banyak royalti. 

4. Bisa Ikut Event / Lomba Menulis

Storial rutin mengadakan kompetisi menulis. Ini bisa diikuti penulis untuk mengukur hasil karya dan mengasah tulisan. 

Kompetisi yang diadakan diantaranya menulis cerpen, novel, e novel chalange dan lainya. Kompetisi dapat membantu kita agar mengetahui kelemana dan kekuatan kita dalam menulis. Intinya evaluasi. Sebab, tak ada karya yang bagus tanpa evaluasi.

5. Memperbanyak Teman

Sudah ada belasan ribu penulis per September 2020. Rekan sejawat ini bisa membuat anda berada dalam lingkungan kepenulisan. Atmosfer menulis baik untuk terus memotivasi diri supaya konsisten menulis. Sebab acapkali penulis naik turun semangatnya. 

6. Rauang Kolaborasi

Setalah memiliki teman yang dirasa cocok, anda bisa berkolaborasi denganya. Membuat projek menulis atau hal lain. Storial juga mewadahi para penulis untuk berkolaborasi lho. 

7. Dapat Inspirasi

Menulis adalah proses memindahkan kata. Darimana kata itu didadapat. Salah satunya ya dari membaca. Bahkan bisa dibilang bahwa kebutuhan pokok penulis adalah bacaan. Di Storial, penulis bisa membaca tulisan penulis lainya yang bisa menjadi sumber inspirasi menulis. 

Sobat itulah deretan keuntungan menulis di Storial. Apakah anda tertarik menulis di Storial ? Silahkan mencoba dan ceritakan pengalaman anda menulis di Storial. Salam

Posting Komentar untuk "Ini 7 Keuntungan Menulis di Storial, Dapat Royalti ?"