Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Storial Co, Keunggulan dan Kelemahan

KisahWeb - Berikut adalah Review Storial , memperkenalkan sebuah platform menarik bagi pembaca dan penulis, namanya Storial. Boleh dijuluki sebagai rumah pembaca dan penulis. Menurut data, aplikasi ini sudah diunduh 100.000 kali di playstore dan telah memiliki 16.000 penulis lebih. Wah, mantap kan.  

Mendegar ada platform menulis dan membaca dalam satu aplikasi tentu sebuah kabar menggembirakan. Mengingat saat ini masalah bangsa adalah kurangnya minat baca. 

Salah satu faktor yang membuat minat baca kurang adalah fasilitas. Dengan adanya buku online (ebook) yang mudah untuk diakses, tentu menjadi sebuah keunggulan.

Cara Mengunduh Storial

Sampai akhir bulan september 2020, Storial baru available di Plastore. Aplikasi ini gratis, namun ada fitur premium jika pemakai ingin mendapat fasilitas lebih. Cara mengunduhnya pun mudah, buka aplikasi playstore lalu ketik Storial di pencarian. Kemudian instal. 

Anda akan disambut dengan ajakan untuk menulis, membagikan cerita dan juga berkolaborasi bersama teman. Ada juga kompetisi dengan hadih coin. 

Jika sudah terpasang, setelahnya buatlah akun, anda bisa menggunakan gmail atau juga facebook. Setelah itu anda akan diberi notofikasi untuk verivikasi. Secara keseluruan cara dan persyaratan untuk mengunduh aplikasi sangat mudah. Untuk mengunduh silahkan klik link berikut ini: Storial 

Apa yang Ada di Dalam Aplikasi Ini ?

Stelah berhasil meginstal aplikasi ini, anda akan disambut dengan novel gratis karya penulis-penulis di Storial. Anda akan disuguhkan beberapa pilihan di tampilan utama aplikasi storial diantaranya terpopuler minggu ini, cerita yang viral, premium untukmu, fresh from the open, penerbit, pilihan minggu ini, pengarang popluer dan beriat kompetisi terkini. 

Seperti yang dijanjikan oleh Storial bahwa pembaca akan disuguhkan novel gratis, ya disini memang banyak sekali novel dan cerita yang dapat diakses secara gratis. Walau Gratis, tapi tidak semerta isinya tidak berkualitas lho. 

Beberapa penerbit terkemuka tanah air juga ikut mempublikasikan buku mereka disini. Diantaranya Mizan Media Utama, Elex Media Komputindo, IDN Times, dan AT Press. Kemungkinan seiring berjalannya waktu, akan banyak penerbit terkemuka lain yang bergabung.

Kami juga menemukan Novel Dilan dan beberapa novel apik lainya, yang tentunya gratis. Selain itu, karya penulis-penulis di Storia pun tak kalah bagus. Salah satunya novel berjudul Kisah Untuk Dinda karya Erisca Febriani yang telah dibaca sebanyak 560.000 kali dan mendapat bintang 5. 

Terdapat juga Coin Storial, menarik. Storial Coin adalah aat sah pembayaran untuk jual beli di aplikasi dan website Storial. Coin tersebut bisa untuk membeli bab dan novel premium. 10 Storial Coin kurang lebih setara Rp.1000. 

Kelebihan / Keunggulan Storial 

1. Gratis namun disediakan fitur premium

2. Penggunaan yang mudah

3. Interaktif (pembaca dan penulis bisa berkomunikasi)

4. Sistem coin untuk alat pembayaran yang bisa di top up

5. Semua orang bisa menjadi pembaca

6. Wadah bagi penulis pemula

7. Cara mudah untuk menerbitkan tulisan 

8. Sering mengadakan kompetisi

Kelemahan / Kekurangan Storial

1. Belum tersedia di Ios (Mungkin sedang dalam proses)

2. Untuk tampilan utama, terdapat slide yang kadang susah untuk di kontrol

3. Belum memiliki banyak jenis buku dan lebih terfikus pada novel. Padahal buku pelajaran dan religi cukup dibutuhkan

4. Loading masih berat

Selain 4 kekurangan diatas, ada salah satu hal yang dirasa membuat kurang nyaman untuk penulis. Susahnya mengunggah sampul buku di aplikasi ini. Tim saat mengunggah foto gagal terus menerus hingga 1 kali 24 jam. 

Ternyata penulis lain pun mengalami hal demikian. Mereka sering gagal saat mengupload foto sambul buku. Al hasil buku pun tak diberi sampul. Hmmm, sayang banget. Semoga management segera mengetahui kekurangan ini ya.

Cara Menjadi Penulis di Storial

Cukup mudah menjadi penulis di Storial. Syaratnya hanya anda sudah mempunyai akun atau menginstal di gawai. Setelah punya akun, ada tombol atau fitur untuk menulis. Seperti gambar dibawah ini.

Ada beberapa kategori cerita yang bisa ditulis yakni  dongeng, cerita pendek, biograpi, essai, fantasi, hobi, horor, humor, novel, kesehatan, opini, puisi, review, sejarah, sains, spiritual, travel, true story dan lainya. Masih banyak sekali. 

Royalti Storial

Penulis memang bisa mendapatkan royalti dari Storial. Hal ini disampaikan langsung oleh CEO Storial Steve Wirawan yang dilansir dari Nitif Id. Menurutnya, cerita dari penulis yang tergabung dalam premium writer, yakni penulis yang telah terkurasi dengan baik oleh tim editorial Storial dan telah menuliskan minimal 10 bab dengan setidaknya 2,000 views  berpotensi untuk mendapatkan royalti dari karyanya setelah tulisannya di review oleh tim editor Storial.

Dari menulis cerita di Storial, beberapa penulis kami ada yang mendapat royalti hingga lima kali lipat dari UMR di kota mereka per bulannya,” kata Steve menambahkan, dilansir dari media yang sama

Di laman resli Storial, memang disebutkan bahwa penulis berpeluang mendapatkan royalti. Namun untuk hitungan royalti tersebut belum dijelaskan secara resmi. Apakah bentuknya monetize atau poit dan atau bentuk lainya. 

Rivew Storial Co dari Penulis 

Salah satu penulis di platform Storial yang bernama Ratih Cahaya pernah berbagi cerita melalui blog pribadinya. Menurutnya ada perbedaan antara Storial dengan beberapa platform menulis lainya.  "ibarat swalayan yang lebih kecil, lebih rapi, dan barang-barangnya kebanyakan cukup berkualitas. Ini menurut pendapat pribadi saya lho, ya" Tulisnya tentang Storial 

Secera keseluruhan, hadirnya Storial tentu hal baik bagi ekosistem dunia kepenulisan dan dunia baca. Platform ini bisa dibilang turut berperan dalam menjembatani karya penulis lokal untuk dinikmati oleh lebih banyak pembaca.

Demikianlah Review Storial sebuah platform baca dan tulis online yang cocok untuk para minelials. Salam.

Posting Komentar untuk "Review Storial Co, Keunggulan dan Kelemahan "