Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kisah Inspiratif Tentang Pertemanan

KisahWeb - Pertemanan adalah hal yang menyenangkan. Banyak warna, cerita dan juga drama-drama seru. Dibalik itu, ada juga kisah inspiratif tentang pertemanan. Mereka melakukan hal positif yang bisa dicontoh. 

Ada pertemanan dalam bingkai dakwah, bisnis, berbagi dan sebagainya. Itu adalah hal baik ketimbang berteman dalam keburukan seperti mencuri, mabuk atau melakukan kejahatan. 

Manusia adalah makhluk sosial, ia tak bisa hidup sendiri. Manusia tercipta dan diciptakan untuk bersosialasi dan melakukan hubungan timbal balik antar sesama manusia. Dalam hubungan tersebut, ada yang melakukan dalam bingkai pertemanan dan ada pula yang saling tidak mengenal.

Dalam hubungan pertemanan, tidak semua hal yang dilakukan adalah hal baik dan berguna. Banyak persekongkolan yang dilakukan sekelomok orang yang justru merugikan orang lain atau dirinya sendiri. Persekongkolan yang dimaksud dalah hubungan pertemanan dengan kegiatan dan niat buruk. 

Namun, beberapa kisah inspiratif tentang pertemanan berikut ini adalah cerita baik yang bisa jadi panutan. 

1. Membelikan HP Teman

Dalam sebuah video yang viral di Tik Tok dan Instagram, terlihat beberapa orang yang sedang berkumpul menggunakan gadget. Namun ada salah satu dari anggota teman yang tidak mempunyai gadget. Al hasil, teman-teman yang mengetahui hal ini berinisiatif untuk mengumpulkan uang dan membelikan gadget untuk teman yang tidak memiliki gadget tersebut. 

Mereka merekam semua kegiatan, mulai dari mengumpulkan uang dan juga membeli gadget. Kemudian dengan beramai-ramai, mereka menghadiahkan gadget baru tersebut kepada temannya. Terlihat raut wajah gembira terpancar dari teman penerima gadget tersebut. Kisah ini bisa kita jadikan contoh, ketika ada teman yang kekurangan, kita bisa bersama-sama membantunya. 

Baca Juga: Saat Ragu Untuk Berbuat Baik pada Orang Lain

2. Berbagi Bersama

Setiap Bulan Ramadan, Khalil dan Agung selalu berinisatif untuk mengumpulkan sumbangan di kelasnya. Sumbangan ini kemudian dibelikan makanan dan pakaian layak pakai. Jika sudah terkumpul banyak, maka mereka akan memberikannya kepada kaum dhuafa disekitar sekolah. Mereka terus melakukan itu hingga lulus SMA. 

3. Bisnis Dengan Sahabat 

Beberapa kisah bisnis yang dibangun antara sahabat juga patut kita jadikan sebagai inspirasi. 

  • Nathan Blecharczyk, Brian Chesky dan Joe Gebbia = Airbnb
  • Ben Cohen dan Jerry Greenfield, Ben & Jerry's
  • Justyn Howard, Gil Lara, Aaron Rankin dan Peter Soung, Sprout Social
  • Neil Blumenthal, Dave Gilboa, Andrew Hunt, dan Jeffrey Raider, Warby Parker

Percaya atau tidak, teman disamping bisa mengubah hidupmu. Banyak manusia sukses diluarsana yang memulai bisnis dari pertemanan. 

Pendiri perusahaan global seperti Apple dan Microsoft jadi buktinya. Membangun bisnis bersama teman memang menyimpan kebanggan tersendiri. Apalagi jika bisnis tersebut sukses dan mendunia. Jadi, kapan anda memulai bisnis dengan teman anda ? Mulailah dari setelah membaca artikel ini.

Jika sobat menemukan sebuah ide usaha atau bisnis, coba sobat bicangkan dengan teman yang sekiranya sepemikiran dan juga ada minat usaha. Membuka usaha adalah hal berat yang bisa diringankan jika dibagi bersama dengan teman atau sahabat. Setidaknya, sobat akan mendapat teman sebagai media diskusi dan trial eror. Selamat mencoba. 

4. Bekerjasama Dalam Belajar

Manusia adalah makhluk sosial, manusia akan lebih baik jika hidup bekerjasama. Itulah yang menjadi prinsip Nino dan Rafati. Mereka selalu belajar bersama setiap hari. Nino memiliki keterbatasan biaya untuk membeli buku, namun ia pandai dalam hal kademik. 

Sedangkan Rafati sebaliknya. Merekapun saling melengkapi. Mereka berprestasi bersama-sama hingga sekolah mengengah atas. Meski mereka terpisah diperguruan tinggi, namun mereka tetap saling suport untuk hal belajar. 

5. Menabung Bersama Untuk Membeli Hewan Kurban

Kisah bocah yang viral di media sosial patut djadikan sebagai contoh. Meski bukan dari kalangan berada, mereka rutin menyisihkan uang setiap harinya untuk menabung. Uang tabungan tersebut kemudian mereka belikan sapi untuk dikurbankan. Mereka melakukan itu setiap tahun hingga banyak yang mencohtoh kegiatan mereka tersebut. 

Sobat itulah deretan kisah-kisah inspiratif tentang pertemanan yang bisa kita jadikan contoh. Teman adalah kita, kita adalah teman. Teman bisa membawa kita ke gerbang sukses, namun juga sebaliknya. Teman bisa membawa ke jurang kegagalan. Bijaklah dalam memilih teman, karena tidak semua teman itu berpengaruh baik padamu.

Posting Komentar untuk "5 Kisah Inspiratif Tentang Pertemanan"