Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terpapar Lingkungan

Kisah Inspiratif - Ada yang salah gaul berujung dipenjara, ada yang salah memilih teman hingga membawa petaka. Bahkan ada yang salah pilih pasangan hingga datangkan nestapa. Begitulah gambaran krusialnya orang di sekitar kita dapat mempengaruhi bahkan membawa arah hidup kita.

Ada orang yang pintar yang terjebak dalam lingkungan orang-orang bodoh. Kemudian kepintaranya pun luntur. Ia menjadi bodoh, bahkan bisa jadi paling bodoh.

Ada orang baik yang bergaul dengan rampok, kemudian dia ikut merampok dan jadilah ia perampok ulung. Ia pun kemudian tak bisa lepas dari dunia perampokan.

Ada orang rajin kemudian jadi jorok karena berada di sekitar orang malas dan jorok. Kemudian sifat malas dan jorok pun susah dihilangkan pada orang yang dulunya rajin itu. 

Namun, ada penjahat yang jadi kiyai karena bergaul dengan orang alim. Ia pun berumah warna, dari hitam menjadi putih hatinya. Sebab tempat bergaulnya adalah orang orang yang pandai memberishkan hati.

Ada pula sopir yang jadi konglomerat karena ia menyopiri bos minyak. Ia bergaul dengan orang besar hingga ia mendapat pelajaran besar dari keseharianya bersama orang-orang besar.

Sobat, bagaimanapun juga, pergaulan haruslah ditentukan. Misal jika kamu ingin sukses atau jadi pengusaha, Jangan sampai kamu nongkrong-nongkrong tidak berfaedah atau malah merugikan. Jangan pula kamu petantang petenteng banyak gaya hingga sengsara dihari tua. Maka bergaulan dengan para pejuang entrepreneur.

Jika anda ingin memperbaiki akhlak, maka bergaulah dengan orang soleh. Jangan malah anda berteman dengan preman pasar atau anak jalanan. 

Sobat ingatlah diluar sana banyak orang yang sukes karena pertemanan. Karena bergaul dengan orang yang bersemangat menuju sukses. Banyak pula orang yang gagal, yang jadi pemakai narkoba, jadi penjudi dan jadi urak urakan karena tergiur teman temanya. Maka pandailah meilih teman. 

Betapa banyak manusia yang yang terjerumus ke dalam lubang kemakisatan dan kesesatan karena pengaruh teman bergaul yang buruk. Namun tidak sedikit orang yang mendapatkan hidayah dan banyak kebaikan disebabkan bergaul dengan teman-teman yang shalih.

Dalam sebuah hadits Rasululah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan tentang peran dan dampak seorang teman dalam sabda beliau :

“Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

Sobat ingatlah bahwa jika kita terpapar kemaksiatan karena salah memilih teman, bisa jadi diri dan akhlak kita menjadi jelek. Catatlah dan camkan bahwa jangan sampai kita menyesal pada hari kiamat nanti karena pengaruh teman yang jelek sehingga tergelincir dari jalan kebenaran dan terjerumus dalam kemaksiatan. 

Posting Komentar untuk "Terpapar Lingkungan "