Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kisah Hiu Dalam Aquarium Penuh Hikmah

Kisah Web - Tidak bisa dipungkiri bahwa kita akan sangat terpengaruh dengan lingkungan. Bukan hanya itu, bahkan kita juga bisa dibentuk dari lingkungan kita. Maka pandailah dalam memilah dan memilih pergaulan. 



Pepatah lama bilang, kalau berteman dengan tukang minyak wangi, maka kamu akan ikut wangi. Namun jika berteman dengan tukang pandai besai, maka kita akan terkena bau asap. 

Beberapa orang meyakini bahwa jika ingin sukses maka beradalah di sekitar orang-orang sukses. Itu akan memudahkan langkah dan juga membawa pola pikir sukses untuk dirimu. 

Ilustrasinya dapat kita lihat di dalam kisah ikan hiu dalam aquarium, sebuah hiu ketika dilepas dalam alam liar maka akan tumbuh besar karena ada ruang untuk bergerak bebas yaitu di laut yang luas. Berbeda dengan hiu yang ada di aquarium, ia akan kerdil.

Laut merupakan sebuah ilustrasi dari lingkungan sosial dan lingkungan fisikmu. Jika kamu rajin networking dengan banyak orang bahkan sampai dengan orang di negara lain, maka kamu memiliki lingkungan yang luas yang akan mendorongmu untuk bertumbuh besar. 

Beda halnya jika kamu membatasi lingkungan sosialmu dengan orang - orang tertentu saja maka kamu hanya akan bertumbuh sesuai dengan lingkunganmu yang kecil. Selagi kita muda, maka rajin - rajinlah membangun networking, niscaya kamu akan mengalami pertumbuhan yang pesat sehingga mendekatkanmu kepada kesuksesan.

Kemudian perhatikan juga dengan siapa kamu bergaul. Bijaklah, meski tujuanmu memperluas networking, namun alangkah membuang buang wakut jika orang yang disekitarmu itu bukan orang yang tepat.

Dengan siapa kamu bergaul bisa mempengaruhi diri. Berkumpul dengan pebisnis, maka bisa jadi kamu akan  ikut jadi pebisnis. Berkumpul dengan sesama pebisnis, bisa membuka peluang membesarkan bisnis. Jangkauanmu akan semakin meluas. 

Jangan jadi pribadi yang tertutup dan mengurung diri, sebab dalam diri ini ada banyak potensi. Manusia adalah ciptaan Allah yang sebaik baiknya. Ciptaan paling sempurna. Maka kita harus memanfaatkan potensi diri ini. 

Kita juga harus sadar bahwa sejarah membuktikan bahwa manusia akan lebih baik jika bekerja dengan sesamanya. Akan lebih produktif jika bekerjasama dengan yang se visi misi. Akan menciptakan gebrakan jika menggabungkan kekuatan yang searah. 

Lihatlah bagaimana perkotaan bergerak lebih cepat daripada pedesaan. Sebab di kota amat banyak manusia manusia. Orang-orang disana lebih mudah dalam mencari bergaulan. Itulah sebabnya di kota besar lebih maju secara ekonomi ketimbang di kampung. Bahkan kita mengetahui saat ini kota besar menjadi rahim dan tempat lahirnya startup nasional.

Jangan jadikan dirimu seperti hiu di aqurium yang kemudian mengerdil. Jadilah hiu bebas di lautan yang bisa membuat dirmu lebih besar. Asah dirimu dan perluas networking, sebab dirimulah yang memilih langkah yang akan dijalani. 

Posting Komentar untuk "Kisah Hiu Dalam Aquarium Penuh Hikmah "