Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Kisah Survival di Hutan Belantara

Kisah Inspiratif- Survival adalah kemampuan bertahan hidup di alam, baik berupa alam bebas, hutan beantara maupun perkotaan. Namun, survival sangaterat kaitanya dengan kemampuan bertahan di hutan atau alam liar. 

Sebenarnya setiap orang harus peham dengan ilmu survival, hal ini dikamsudkan untuk berjaga-jaga saat kondisi urgent. Sebab setiap orang tak kan pernah tau bahaya apa yang akan terjadi di masa depan. Misal bahaya saat pergi ke tempat wisata yang memaksa orang untuk mengeluarkan teknik survival.

Berikut ini adalah beberapa kisah tentang survival di dalam hutan belantara: 

1. Makan Serangga dan Daun 

Seorang wanita tersesat di hutan Hawai saat melakukan treking. Selama 17 hari ia dinyatakan hilang, selama itu pula ia survival di dalam hutan tersebut. Dikisahkan Amanda mendatangi Makawao Forest Reserve di Maui, Hawaii untuk trekking pada mei 2020. 

Mengetahi keluarganya tak pulang, sang keluargapun menghubungi pihak terkait. Pencarian besar-besaran lantas dilakukan tim SAR sampai menggunakan helikopter. Kemudian 17 hari kemudian tim helikopter berhasil menemukan Amanda. Dia terlihat ada di antara 2 air terjun jauh di dalam hutan! Amanda dalam kondisi selamat, meski kakinya terluka parah dan tubuhnya terlihat kurus.

Setelah selamat dan siuman, Amanda pun diwawancarai salah satu televisi. Ia pun bercerita tentang kisah survival di hutan belantara selama 17 hari tersebut. Ia mengatakan, walau tidak menguasai ilmu survival, namun ia adalah istruktur yoga, sehingga ia bisa menengangkan diri.

Selama dihutan berhari-hari, amanda mengalami banyak peristiwa menegangkan. Mulai dari kehausan, tersapu banjir bandang, nyeker di hutan. Untuk terus bisa hidup, Amanda memakan serangga dan juga dedaunan. Ia juga meminun air sungai agar terhindar dari dehidrasi. 

2. Sok Tahu Hingga Nyasar Bersama Rombongan

Madin adalah ketua salah satu organisasi pecinta alam di salah satu kampus ternama. Ia terkenal dengan kegarangan dan kegalakanya saat mendidik anggota baru. Namun suatu saat ia mengalami nasib naas. Ia yang pergi bersama rombongan adik tingkat mengalami salah arah saat mendaki gunung.

Madin pun menjadi pemimpin rombongan, ia berada paling depan. "Saya sudah pernah naik gunung ini 2 kali, biasanya 4 jam sampai. Ini sudah 5 jam tapi kok belum sampai ya" ujar Dendo (salah satu anggota rombongan). "Tenang, kita sebenatar lagi sampai kok. Ini jalur memang sedikit menyebalkan, kadang lama kadang cepet" jawab Madin.

7 Jam mereka melakukan pendakian namun tak sampai juga. Hingga mereka pun terjebak kabut karena hujan lebat. "Tenang, ini dalah alam, seperti inilah alam. Cuacanya tidak bisa ditebak" ucap Madin. Hari pun mulai gelap namun mereka tak kunjung muncak hingga mereka sadar bahwa sedang tersesat. "Aku yakin kita tersesat, ini jalur yang salah. Kita naik keatas tapi dengan tujuan bukan ke puncak. Lihat, jalur kuta tertutup" ucap Dendo

Mereka pun akhirnya menginap di belantara hutan yang bukan jalur menuju puncak. Esoknya mereka bergegas mencari jalur yang benar, namun perbekalan menipis hingga mereka panik. Kepanikan itu membawa pada mala petaka. Mereka tak menemukan jalur ke puncak maupun jalur keluar gunung. Hingga mereka pun tersesat selama 4 hari. 

Di hari ke 3 dan ke 4 perbakalan benar-benar habis dan mengharuskan mereka untuk survival. Mereka memakan dedaunan dan juga buah hutan. Keadaan semakin memburuk ketika salah seorang rombongan tak sadarkan diri. Salah seorang pun harus menggendongnya. Di hari ke empat, mereka bertemu dengan penduduk setempat yang sedang berburu dan kemudian diantarkan untuk menuju pemukiman warga. Ternyata, mereka sudah berada di wilayah lain. Mereka tersesat lebih dari 100 km akibat sok tau dari ketua rombongan bernama Madin.

3. Survival Setelah Dirampok 

Kejadian naas ini terjadi di negeri Paman Sam. Seorang bernama Megee dirampok dan ditinggalkan dihutan hingga ia tersesat. Keadaan makin oarah tat kala ia bertangan kosong. Akirnya ia pun survival beberapa hari di hutan belantara sebelum ditemukan oleh tim SAR. 

4. Kisah Survival di Hutan Amazon

Kejadian ini terjadi pada tahun 1981. Dikisahkan Yossi Ghinsberg bepergian dengan tiga orang temennya melintasi Amazon Bolivia. Mereka berada dalam hutan berminggu-mimggu hingga dihadapkan dengan masalah yang sulit. Merekapun sepakat untuk membagi kelompok menjadi dua. 

Kelompok tersebut pun hilang kontak. Sementara itu, Ghinsberg dan temannya Kevin pergi menggunakan rakit. Namun mereka kehilangan kendali karena dihadapkan dengan air terjun, yang akhirnya memisahkan mereka berdua. Disinilah situasi semakin mencekam, ditambah banyak binatang buas ala sungai Amazon yang teramat ganas. Ghinsberg berhadapan dengan jaguar dan juga serangga kecil mematikan. Ia pun mengunakan alat-alat yang ia bawa untuk bertahan hidup.

Untungnya ada teman Ghinsberg bernama kevin yang punya dorongan untuk menolong Ghinsberg. Walau sempat mengira Ghinsberg telah meninggal, namun batin Kevin mengatakan lain. Singkat cerita, ditengah kegalauan Kevin memutarbalikan kapalnya dan secara kebetulan melihat Ghinsberg yang sudah tak berdaya. Kisah ini pun akhirnya dituangkan ke dalam film Hollywood, yang diperankan Daniel Radcliffe.

Sobat, itulah deretan kisah survival di hutan belantara baik dari dalam negeri mapupun luar negeri. Semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita. Ingat bahwa bahaya mengancam siapa saja, oleh sebab itu kemampuan untuk survival sangat penting untuk perbekalan hidup. 

Posting Komentar untuk "4 Kisah Survival di Hutan Belantara "