Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kisah Nyata Tersesat di Hutan Belantara

Kisah Web - Ada banyak sekali kisah nyata tersesat di hutan belantara. Hal ini karena hutan memiliki vegetasi rapat sehingga menutupi jarak pandang orang yang berada di dalamnya. Selain itu, hutan juga punya ilusi optik yang terkadang bisa membuat orang mudah tersesat.

Menjelajah hutan adalah aktivitas yang menyenagkan. Bersama alam, hati ini terkadang dibawa pada suasana tentram. Namun dibalik itu, jika kita ceroboh maka ada bahaya meningtai. Yakni tersesat di dalam hutan. Seperti dalam beberapa kisah berikut ini, beberapa orang tersesat hingga beberapa hari di hutan. 

1. Tersesat Hingga 3 Hari dalam hutan

Sugeng (23), adalah pemuda yang hobi menembak burung dihutan. Hampir setiap minggu ia masuk ke hutan untuk mencari target. Biasanya ia pergi bersama rekan-rekanya, namun suatu saat ia pergi sendirian. Sekitar pukul 2 siang ia masuk hutan, membawa senapan dan juga parang.

Keberanianya masuk hitan seorang diri mendatangkan celaka. Ia tersesat. Selama 3 hari ia berada di dalam hutan. Warga desa yang mengetahui ini pun lantas menghubungi pihak aparat dan basarnas untuk bersama mencari Sugeng. Di hari ketiga pencarian, Sugeng ditemukan dengan keadaan lemas dan nyaris tak sadarkan diri akibat gigitan nyamuk yang sangat banyak jumlahnya.

Setelah siuman beberapa hari dari kejadian itu, Sugeng pun bercerita penyebab ia tersesat. Ia mengatakan bahwa saat itu seolah ia mengarah ke jalan pulang, namun pada kenyataanya dia semakin masuk ke dalam hutan. Hari pun semakin gelap hingga ia tak bisa melihat karena tidak ada cahaya. Ia pun memanjat pohon dan tidur diatas pohon. 

Paginya ia berusaha mencari arah pulang. Namun lagi-lagi, arah yang ia tuju justru semakin masuk ke dalam hutan. Hingga ia pun kehabisan energi karena tidak makan dan digigiti nyamuk hutan. Ia pun menuturkan bahwa ada aura mistis di sekitar tempat awal mula ia tersesat. Seolah ada batu besar yang menutup semua pandanganya. Batu itu sebenarnya tidak ada.

2. Mistisnya Gunung Sukma Ilang

Sesuai dengan namanya, gunung ini memang sering membuat orang hilang. Terletak di Pesawaran Lampung, Gunung Sukma ilang punya banyak cerita. 

Mulai dari cerita satu kompi tentara yang hilang di hutan saat zaman penjajahan hingga cerita petilasan sakti di puncak gunungnya. Terlepas dari banyak cerita mistis gunung Sukma Ilang, nyatanya memang banyak orang tersesat di hutan ini.

Suatu ketika pernah ada pendaki gunung yang tersesat. Bukanya ke pincak gunung, rombongan ini justru berputar-putar di salah satu area yang diangap mistis. 

Alih alih sampai, mereka justru seharian tak beranjak hingga tak kunjung sampai ke puncak. Kemudian mereka bertemu dengan warga setempat yang sedang mencari pakan kambing. Diberitahulah mereka oleh warga ini bahwa dilarang takabur, jika takabur maka ada hukumanya.

Kemudian rombongan ini pun saling bertanya hingga ada salah satu anggota yang mengaku bahwa ia pernah sesumbar "halah gw udah naik gunung di Jawa, dah sering. 

Gunung ini mah gampang traknya". Kemudian salah seorang tersebut pun beristigfar dan rombongan melanjutkan perjalanan hingga ke puncak dengan selamat. 

Selain kisah itu ada kisah lain yakni seorang kakek yang tersesat dan hilang. Kemudian jenazahnya ditemukan beberapa bulan kemudian. Ada pula warga sekitar yang tersesat hingga beberapa hari. Intinya, jika ke wilayah ini tidak boleh takabur.

3. Kakek Usia 70 Tahun Tersesat di Hutan Belantara

Kisah nyata tersesat di hutan belantara ini terjadi di kawasan htan Gunung Kerinci. Sukur (70) warga Koto Iman, Kecamatan Danau Kerinci selama 7 hari tersesat di hutan. Dia berhasil ditemukan dan dievakuasi.

Kakek ni pergi kehutan bersama seorang rekanya. Mereka berdua berniat memburu babi. Namun saat istirahat keduanya terpisah hingga tersesat selama 7 hari di dalam hutan. 

Mereka merasa berputar-putar di tempat itu saja. "Enam kali mutar-mutar namun kami tetap kembali ke tempat itu lagi. Setelah itu kami berdua istirahat sebentar dan kembali melanjutkan perjalanan," sebut Isa.

4. Prajurit Kopasus Tersesat 18 Hari di Tengah Hutan Belantara Ditemani 3 Sosok Misterius

Cerita ini berasal dari prajurit yang sedang melaksanakan tugas penanganan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Kisah tersebut dituliskan dalam buku 'Kopassus untuk Indonesia' karangan Iwan Santosa dan E.A Natanegara. 

Suatu saat ada seorang parajurat yang terjebur dalam pusaran air. Melihat itu, sang komandan langsung terjun untuk berusaha menyelamatkan angotanya itu. Namun ia tak menemukanya. Singkat cerita, beberapa belas haru kemudian prajurit tersebut berhasil bertemu warga dan selamat. 

Hal yang amat mistis adalah yang diceritakan prajurit kopassus itu yakni pengakuanya selama tersesat di hutan Ia merasa dirinya diikuti oleh tiga sosok tak terlihat yang selalu membantunya. Satu memijati kakinya, satu memijat pundak, dan yang satu lagi berbagi rokok dengannya. Was, bikin merinding ya.

5. Bus yang Tersesat di Hutan Jati

Media sosial pernah dihebohkan dengan penampakan bus besar yang terpakir disemak belukar, diantara pohon jati. Dalam unggahaan dikatakan bahwa bus tersebut tersesat di hutan. Namun kenyatanya adalah bus tersebut hilang kendali akibat sopir mengantuk. Akibatnya bus pun masuk kedalam hutan.



Dari banyakya cerita nyata tersesat di hutan, berikut ini kamu memberikan tips supaya selamat jika dalam keadaan tersesat di hutan; pertama tidak panik dan berusaha berfikir jernih. 

Kedua berfikir untuk mengingat jalan kembali atau mengingat arah. Ketiga mencari bekas kaki kita supaya bisa kembali ke jalur. Kelima buat tanda sehingga kamu tidak semakin tersesat. Terakhir mencari arah matahari untuk mengetahui arah timur dan barat. 

Posting Komentar untuk "5 Kisah Nyata Tersesat di Hutan Belantara"