Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rangkuman Naga Emas Danau Ranau, Penulis dan Tahun Terbitnya

Kisah Web - Cerita rakyat naga emas danau ranau ditulis oleh Yulfi Zawarnis dan diterbitkan pada tahun 2016. Jika merujuk pada laman resmi kementrian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud), buku ini diterbiktkan oleh badan pengembangan dan pembinaan bahasa Kemendikbud. Berikut ini adalah rangkuman ceritanya.

Rangkuman Cerita Naga Emas Danau Ranau

Dikisahkan, hiduplah seekor naga yang amat berbahaya. Naga ini jahat. Walau kulitnya emas, namun sifatnya tak seindah kulitnya yang indah itu. Naga berkulit emas ini suka merugikan dan menggangu masyarakat sekitar. Bahkan tak jarang si naga ini mencelakakan penduduk sekitar danau dengan cara menculik penduduknya. Hewan hewan ternak pun ikut dimangsa.

Karena hal ini, datanglah seorang pemuda pemberani yang menantang naga. Nama pemuda ini adalah Rakian Sukat. Ia pun kemudian berkelahi dengan naga dan berhasil mengalahkan sang naga jahat itu. Kemenagan Rakian Sukat tentu menggembirakan banyak orang, namun naga mengutuk Rakian Sukat hingga menderita penyakit aneh akibat kutukan sang naga.

Kemudian Rakian Sukat bertapa atas petunjuk Yang Maha Kuasa. Ia bertapa di sekitar Danau Ranau. Kemudian si naga kembali muncul namun kemunculan naga ini bukan untuk melakukan kejahatan, melainkan menyembuhkan Rakian Sukat. 

Sejak saat itu, masyarakat di sekitar Danau Ranau percaya naga itu akan muncul ke permukaan dan memberikan teguran apabila masyarakat sekitar danau berniat melakukan perbuatan jahat. Ada masyarakat yang percaya dengan kisah ini (menganggap nyata), namun telah banyak yang menganggap ini adalah sebuah legenda saja. 

Naga Emas Danau Ranau ditulis oleh dan diterbitkan pada tahun ?

Sperti yang telah disebutkan, cerita ini ditulis oleh Yulfi Zawarnis dan diterbitkan pada tahun 2016. Cerita rakyta ini berasal dari Lampung, tepatnya Kabupaten Lampung Barat. Cerita ini menjadi salah satu cerita rakyat yang populer di Lampung Barat selain Batu Kebayan dan juga Lesung Bidadari.

Buku ini berjulul "NAGA EMAS DANAU RANAU (Cerita Rakyat Dari Lampung)" diterbiktkan oleh badan pengembangan dan pembinaan bahasa Kemendikbud. Buku ditujukan untuk bahan bacaan bagi anak setingkat Sekolah Dasar kelas 4,5 dan 6. 

Makna Atau Nilai yang Terkandung dalam cerita Naga Emas Danau Rana

Naga yang jahat mengajarkan pada kita bahwa ia bisa binasa jika terus melakukan kejahatan. Ia pun akhirnya di beri pelajaran oleh Rakian Sukat. Meskipun begitu, Naga Emas juga sosok yang baik, ia telah memaafkan Rakian Sukat dengan memberinya obat sakit. 

Makna terpenting dari cerita ini yakni bahwa kita Kita juga harus ikhlas dan rela menolong orang lain serta mendahulukan kepentingan bersama walaupun harus mengorbankan kepentingan sendiri. Jiwa dan sifat mementingkan kepentingan umum adalah jiwa seorang pemimpin. 

Letak Danau Ranau 

Danau Ranau adalah salah satu danau terbesar di Sumatera. Letaknya di dua propinsi yakni Lampung dan juga Sumatera Selatan. Namun dalam cerita ini berasal dari Danau Ranau Lampung. Danau ini memiliki destinasi atau spot wisata menarik diantaranya Lumbok (Lampung Barat), Pusri (Sumatera Selatan) dan Pantai Sinagkalan (Sumatera Selatan).

Selain wisata danau, tempat ini adalah spot rekomendasi bagi pencinta alam. Sebab ada Gunung Seminung setinggi sekitar 1800 MDL yang berdiri megah dibalik Danau. Dari puncak gunung ini akan nampak hamparan air di danau bak lautan luas yang ada di kaki gunung. Beberapa Gunung lain yang dapat terlihat dari danau ranau adalah Gunug Raya, Bukit Barisan dan juga Gunung Pesagi (gunung tertinggi di Lampung)

Danau Ranau Pernah Terkena Gangguan

Danau ranau amat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Banyak warga yang menggantungkan hidup dengan menjadi nelayan dan juga membuat tambak di Danau Ranau. Beberapa ikan yang hidup di danau ini diantaranya  mujair, kepor, kepiat, dan harongan. 

Namun beberapa ganguan sempat membuat nelayan dan penambak merugi. Salah satunya matinya ikan yang disebabkan pelepasan belerang H2S ke dalam air. Hal tersebut terjadi pada tahun 1962, 1993, 1998, dan pada tanggal 04 April 2011.

Sobat, itulah informasi mengenai rangkuman cerita naga emas danau ranau dan juga iformasi mengenai penulsi dan penerbitnya. Semoga kisah atau legenda ini bisa kita jadikan pelajaran. Salam. 

Posting Komentar untuk "Rangkuman Naga Emas Danau Ranau, Penulis dan Tahun Terbitnya "