Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengalaman Inteview Costumer Service Diterima, Segini Gajinya

Kisah  Web - Assalamualaikum teman-teman, saya akan menceritakan kisah saya mengenai pengalaman interview costumer sarvice di salah satu lembaga amal terkemuka di Indonesia. 

Saat itu saya mendapatkan informasi lowongan pekerjaan sebagai costumer service. Kebetulan saya pernah bekerja di posisi tersebut. Walau sebenarnya background pendidikan saya adalah sarjana pertanian.

Namun, saat masih kuliah saya cukup aktif di organisasi. Jadi ada beberapa skil yang alhamdulilah saya kuasai, termasuk berbicara di depan umum dan juga komunikasi secara dasar. 

Sampai di lokasi interview, saya langsung disambut dengan HRD dan pimpinan perusahaan. Mereka secara bergantian membanjiri saya dengan pertanyaan dan juga tes komitmen. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan dan jawaban saat saya interview. 

Oa, jika sibat menanyakan apa saja yang harus dibawa saat interview, maka bawalah surat lamaran, cv dan data-data pendukung yang berkemungkinan menguntungkan anda ya. 

Pertanyaan: Sebelumnya sudah pernah kerja di bagian costumer service ? Jika ya, silahkan ceritakan secara detail.

Jawaban: Iya, saya sudah berpengalaman selama 2 tahun di bidang costumer service. Tahun 2018 saya ditugaskan menjadi costumer service untuk perusahaan tour travel haji umroh di Jakarta. Selanjutnya saya juga pernah ditugaskan sebagai costumer service di anak perusahaan tour travel umroh tersebut.

Untuk tugas CS yang pernah saya jalani adalah menerima calon jemaah umroh, menjelaskan paket secara rinci dan juga menjelaskan berbagai macam program haji umroh yang ada di perusahaan tersebut.

Saya juga bertugas menjaga both saat ada pameran, selain itu saya melayani costumer secara online di aplikasi WhatsApp. Beberapa tugas tambahan yakni memberi kabar terkait keberangkatan, manasik dan juga apa yang harus disiapkan oleh jemaah sebelum berangkat. 

Setelah setahun, tahun selanjutnya saya ditugaskan untuk menjadi costumer servis di anak perusahaan tour travel tersebut. Perusahaan tersebut bergerak di bidang media, digital, agency dan juga eo. 

Disini saya ditugaskan untuk menghubungi kolaborator dan mitra perusahaan. Saya juga menginput seluruh data peserta acara yang datang ke acara perusahaan saya.

Pertanyaan: Menurut anda secara pribadi, apa itu jobdesk costumer service ?

Menurut saya CS adalah bagian terpenting dari perusahaan yang bertugas menyampaikan informasi kepada costumer, mitra dan juga pihak lain yang berhubungan dengan perusahaan. 

CS juga bertugas menjawab semua pertanyaan dan rasa penasaran dari para costumer. Sebab CS adalah penghubung.

Apa Skil yang Anda Miliki, yang Berhubungan Dengan Dunia CS ?

Saya menguasai Office, saya juga sedikit fasih menggunakan photoshop dan canva. Saya rasa kemampuan itu bisa menunjang untuk informasi dalam bentuk grafis.

Saya juga lancar berkomunikasi secara lisan dan tulisan. Saya mengerti tentang pendekatan persuasif dan juga negosiasi. Saya juga mengerti tentang digital marketing yang bisa membantu perusahaan ini. 

Setalah beberapa pertanyaan selesai, saya pun di instruksikan untuk memeragakan ketika saya menjadi CS di lembaga tersebut. Saya juga menjabarkan sexara detail mengenai komunikasi yang baik.

Seminggu kemudian saya mendapat panggilan untuk tanda tangan kontrak. Saya pun diterima di lembaga tersebut dengan kontrak 6 bulan opsi perpanjangan 3 tahun.

Berapa gajinya ?

Untuk gaji, mereka membayar saya dengan gaji standar UMK. Dan UMK di kota saya belum sampai 3 juta. Fasilitas lain seperti BPJS dan juga bonus kerja diberikan oleh lembaga ini. Namun masih terbatas.

Namun sejujurnya gaji CS memang belum terlalu besar, kecuali CS bank atau BUMN yang sudah berstandar tinggi. Jika lembaga, perusahaan dan atau PT yang yang masih menengah sedang, biasanya masih menggaji CS dengan standar UMK saja.

Sobat, itulah sharing saya terkait pengalaman interview costumer service, semoga bisa menjadi informasi dan referensi bagi anda. Terimakasih. 

Posting Komentar untuk "Pengalaman Inteview Costumer Service Diterima, Segini Gajinya"