Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Makalah Kisah Kisah Dalam Alquran, Jurnal Islam

Kisah Web - Terdapat bahan bacaan atau jurnal makalah kisah kisah dalam Alquran yang diterbitkan oleh Jurnal Pendidikan Islam, pada tahun 2016. Jurnal berisi 18 halaman ini ditulis oleh Susilawati dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup dengan judul "Nilai-Nilai Pendidikan Melalui Kisah Dalam Al-Qur’an". 

Secara keseluruan studi yang ditulis dalam Jurnal dengan nomor volume 1 ini bertujuan untuk mendeskripsikan kisah-kisah dalam Al-Qur’an. Hasil pun menunjukan bahwa Hikmah di balik kisah-kisah tersebut penuh dengan nilai pendidikan dan dapat menjadi pedoman bagi setiap praktisi pendidikan, terutama guru pada tingkat sekolah dasar (SD). Artinya, kisah dalam Alquran dapat menjadi bahan ajar untuk anak SD.

"Dalam rangkaian kisah-kisah al-Quran itu mengandung pelajaran bagi kehidupan manusia sekaligus dapat menjadi bahan metode pembelajaran mengajar dalam suatu proses pendidikan dengan harapan melalui kisah tersebut dapat berimplikasi pada perubahan perilaku siswa, seperti: memiliki motivasi yang kuat untuk maju, timbul kesadaran untuk melaksanakan perintah agama, memiliki sikap sosial yang baik, menjadi individu yang berpikir positif baik kepada Allah maupun kepada manusia, kritis, inovatis, kreatif, realistis dan logis" tulis dalam abstrak bagian akhir pada jurnal ini.

Masih dikutip dari jurnal yang sama, kata kisah dengan berbagai musytaqq?t (derivasi)-nya dipergunakan dalam Al-Qur’an sebanyak 26 kali. Makna dari perulangan ini adalah urgensi kisah sebagai bahan yang penting untuk dibaca. Bisa dikatakan pula bahwa kisah kisah di dalam Alquran mendominasi isinya, walau tidak secara keseluruhan.

Kisah-kisah dalam Alquran berbeda dengan kisah buatan manusia. Sebab kisah dalam Alquran bersumber dari firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril.

Artinya bahwa kisah dalam Alquran niscaya kebenarannya karena  datang dari kalam Yang Maha Benar. Keontetikan dan kredibilitas Alquran amat layak dijadikan rujukan dan pelajaran oleh umat di manapun dan sampai kapan saja.

Alquran menceritakan kisah kisah yang berantai dari berbagai generasi, mulai dari Nabi Adam sampai Nabi Muhammad. Bahkan sebelum nabi adam turun ke Bumi pun diceritakan, kemudian Alquran juga memberikan gambaran masa depan di akhirat. Susunan yang amat kompleks jika dijadikan sebagai bahan pembelajaran semua kalangan. 

Firman-firman Allah yang tertuang dalam Alquran amat memiliki nilai estetika tinggi yang tiada banding. Ini sudah diakui muslim dan non muslim. Bahasa yang digunakan dalam Alquran merupakan bahasa tingkat tinggi yang elegan sepanjang masa. Bahkan sampai saat modern ini belum ada menenandingi estetika bashasa Alquran.

Jurnal ini memberikan closing steatment mengenai Al Qur’an yang merupakan sumber rentetan informasi amat penting dan bermakna tentang kehidupan dan peristiwa-peristiwa hikmah terdahulu. Kita bisa menggunakan kisah tersebut untuk dijadikan sebagai i’tibar. Penggunaan Alquran sebagai bahan ajar pun amat layak dan direkomendasikan.

Demikianlah ulasan mengenai makalah kisah kisah dalam Alquran yang diulas dari salah satu jurnal terkenal di Indonesia. Semoga dapat menjadi referensi bagi anda. Untuk Link unduh jurnal secara lengkap dapat dikunjungi pada tautang beriku ini = JURNAL ISLAM

Posting Komentar untuk "Ini Makalah Kisah Kisah Dalam Alquran, Jurnal Islam"