Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suami Dayyuts Adalah yang Tidak Cemburuan, Ini Hukumnya

KisahWeb - Mayoritas ulama sepakat bahwa pengertian suami dayyuts adalah seorang suami yang tidak memiliki rasa cemburu terhadap istrinya, juga membiarkan istrinya bebas tanpa ada kontrol. Dalam sebuah hadits sahih dikatakan bahwa suami yang dayyuts dilarang masuk ke dalam surga.

Ada tiga orang yang Allah haramkan masuk surga yaitu: pecandu khamar, orang yang durhaka pada orang tua, dan orang yang tidak memiliki sifat cemburu yang menyetujui perkara keji pada keluarganya.” (HR. Ahmad 2: 69) 

Dalam fatawa Asy-syabakiyah suami Dayyuts adalah suami yang tidak cemburu (tidak risih/membiarkan) anggota keluarganya melakukan keharaman dan ia ridha dengan maksiat tersebut (tidak ada rasa tidak senang. 

Ustad Muhammad Abduh Tuasikal, MSc menuliskan dalam situs nya rumaysho bahwa Dalam Al Mu’jam Al Wasith dayyuts adalah para lelaki yang menjadi pemimpin untuk keluarganya dan ia tidak punya rasa cemburu dan tidak punya rasa malu.

Sementara itu, ada beberapa deskripsi tentang arti kata cemburu. Pertama, yang dimaksud suami tidak cemburu ialah suami yang tidak punya rasa cemas tat kala istrinya jauh dari sisinya. Padahal sang suami tau benar bahwa sang istri sedang bersama orang lain (laki laki atau perempuan).

Beberapa deskripsi lain dari tidak cemburu adalah ketika sang suami mengetahui istrinya berbuat maksiat atau kesalahan, namun tetap dibiarkan tanpa diberi pengarahan dan peringatan. 

Ustad Muhammad Abduh Tuasikal, MSc juga menuliskan lebih lanjut bahwa yang dimaksud tidak punya rasa cemburu dari suami adalah membiarkan keluarganya bermaksiat tanpa mau mengingatkan. Adapun beberapa bentuk lelaki tidak cemburu dalam kehidupan sehari hari yakni sebagai berikut:

Membiarkan istri bebas berhubungan pertemanan dengan laki-laki lain secara langsung. Bebas yang dimaksud adalah tidak mengindahkan aturan islam tentang lawan jenis. Misal berboncengan kendaraan, berpegangan tangan dan lainya. Bahkan bercanda berudaan yang dalam satu ruangan.

Membiarkan istri berbincang via handphone dengan laki-laki lain tanpa memberi batasan. Misal membiarkan si sitrinya chat mesra dengan lelaki lain. Atau membiarkan sang istri memperlihatkan aurat dalan video call.

  1. Membiarkan istrinya berduaan dalam mobil bersama laki-laki lain. 
  2. Mengizinkan sang istri berdua dengan lelaki lain untuk nonton di bioskop.
  3. Membiarakn istrinya liburan berdua bersama laki laki lain.
  4. Mengizinkan laki laki lain berduan dengan istri di dalam rumah. 
  5. Beberapa ulama juga sepakat bahwa membiarkan istri mengumbar aurat, menonton video mesum, membaca majalah mesum adalah bagian contoh dari laki laki yang Dayyuts. 

Dayyuts adalah salah satu dosa yang sering diremehkan oleh para suami. Sepele namun sebenaranya memiliki hukuman berat, diharamkan memasuki surga. 

Secara lebih luas lagi, suami yang Dayyuts juga tidak hanya pada istrinya, namun pada anak wanita dan keluarga wanitanya. Suami tidak cemburu jika istrinya berpakaian ketat dan membuka aurat. Juga ayah yang membiarkan anaknya pacaran bebas serta membuka aurat. Istri, anak dan keluarga adalah tanggung jawab bagi laki-laki pemimpin rumah tangga. 

Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum perempuan, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka ” (QS an-Nisaa’: 34).

Sejatinya, seorang laki-laki akan ditanya di kahirat kelak. Mengenai keluarganya. Sebab keluarga adalah amanah yang harus dijaga oleh sang pemimpin kelurag tersebut. Sebab setiap laki laki adalah pemimpin bagi keluarganya. Sebagaimana sabda Rasul bahwa. "Seorang laki-laki adalah pemimpin bagi keluarganya dan ia akan ditanya tentang yang dipimpinnya."

Sobat, semoga ulasan mengenai suami Dayyuts adalah suami yang akan diharamkan masuk surga. Semoga dapat menjauhkan diri kita dari Dayyuts. 

Posting Komentar untuk "Suami Dayyuts Adalah yang Tidak Cemburuan, Ini Hukumnya"