Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dongeng Anak: Kelelawar Baik Pada Burung Puyuh #PART 1

Kisah Web - Kisah kebaikan kelelawar pada burung puyuh. Kawanan kelelawar memberikan banyak biji tanaman pada burung puyuh yang daya jelajahnya tak luas. Dikisahkan ada seekor kelelawar yang berteman baik dengan burung puyuh. Kemudian bercakaplah mereka pada sebuah sore yang gerimis. 

"Wahai kelelawar, badanmu gemuk. Kalau boleh tau apa saja kah yang engkau makan ?" tanya penasaran burung puyuh

"Sudah tak terhitung banyaknya jenis makanan yang aku makan, ada buah, biji bijian, serangga dan juga sayuran yang lezat" jawab kelelawar

"Wah, enak sekali hidupmu, kau bisa terbang dengan jauh. Mencari banyak jenis makanan yang enak-enak. Andai saja aku bisa sepertimu, pasti burung jenisku bisa bahagia. Makan anekaragam jenis makanan" ucap Burung Puyuh

"Selama ini apa yang kau makan wahai sahabatku ?" tanya kelelawar

"Kami hanya makan buah dan beberapa jenis makanan yang ada disekiar sini. Kami kan tidak bisa menjelajah sepertimu. Disekitar sini tidak banyak jenis buah dan sayuran yang bisa kami santap. Hanya itu-itu saja" terang Burung Puyug 

"Oh begitu, semoga aku bisa membantumu ya" ucap kelelawar yang kemudian terbang mencari makanan bersama kawanannya.

Kelelawar menceritakan pada kawananya tentang keterbatasan yang dimiliki burung puyuh. Di tempat tandus itu, burung puyuh hanya makan buah buahan yang terbatas. 

Kelelawar membujuk kawanannya untuk bisa membantu burung puyuh dengan cara memakan banyak banyak jenis buah dan sayuran. 

Kemudian mnyuruh kawanan kelelawar untuk menelan biji dari buah dan sayuran itu. Setelahnya, mereka disuruh membuang kotoran di area tempat tinggal atau habitat burun puyuh.

"Wahai burung Puyuh, aku telah mengotori wilayah kalain dengan kotoran. Namun jangan marah, akan sedikit bau dan mungkin menjijikan. Tapi jangan bersihkan, biarkan saja ya" kata kelelawar pada burung puyuh.

"Kenapa kalian lakukan hal ini wahai sahabatku ?" tanya burung puyuh

"Semalan aku dan ratusan kawananku memakan berbagai macam jenis buah dan sayuran. Kami sengaja mencari sebanyak-banyaknya jenis. Kami juga sengaja menelan bijinya agar bisa tumbuh disini. Harapan kami, jika biji itu tumbuh, maka buahnya bisa kalian nikmati kelak. Kalian tak perlu pergi jauh-jauh untuk mencari makanan enak, cukup disekitar sini" tutur kelelawar

Mendengar itu burung puyuh sangat terharu. Ia menjelaskan ini pada kelompoknya, mereka pun berterimakasih pada kawanan kelelawar. Mereka hidup berdampingan dengan baik dan berteman. 

5 Bulan kemudian sudah banyak biji buah yang tumbuh, beberapa sayuran juga sudah nampak. Burung puyuh punya ragam makanan baru yang lezat.

"Terimakasih, kini sudah ada semangka, melon, delima, sawi, jambu biji dan lainya yang dulu tidak ada disni. Kami berterimakasih pada kalain wahai kelelawar" ucap Burung Puyuh.

Dongen anak Kisah Web merupakan karya orisinil dari tim Q Media dan kiriman pembaca. Bagi Sobat yang ingin berkonstribusi untuk mengirimkan cerpen atau dongeng, bisa melalui KONTAK KAMI. Dapatkan benefit menarik untuk setiap pengiriman naskah. Mari berkonstribusi dalam menyebar pesan kebaikan. Salam 

Posting Komentar untuk "Dongeng Anak: Kelelawar Baik Pada Burung Puyuh #PART 1"