Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kisah Kucing dan Tikus yang Terpopuler dan Sejarahnya

Kisah Web - Kisah kucing dan tikus identik denhandua hewan yang bermusuhan di dunia nyata. Namun ada banyak kisah kusing dan tikus di buku, kartoon atau film yang justru berteman. Walau tak sedikit juga yang menampilkan cerita permusuhan kucing dan tikus. 

Kucing adalah salah satu binatang karnivora atau pemakan daging. Menurut data dikatakan bahwa Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6.000 tahun SM, dari kerangka kucing di Pulau Siprus. 

Sedangkan tikus adalah binatang yang unik, ditemukan tikus dari spesies herbivora dan omnivora hingga spesies yang hanya mengkonsumsi cacing tanah, spesies jamur, atau serangga air tertentu.  

Hubungan kucing dan tikus sudah terjadi sejak lampau. Orang Mesir Kuno dari 3.500 SM telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang menyimpan hasil panen. 

Artinya kucing memang identik sebagai pengusir tikus. Namun kini kita mengetahui bahwa tikus sudah beradaptasi dengan lingkungan yang keras, tikus god kadang justru membuat takut kucing liar dan rumahan. Ukuran tikus god kadang lebih besar daripada kucing. 

Nah berikut ini adalah kisah kucing dan tikus yang diceritakan dalam buku, film maupun media lainya.

1. Kucing dan Tikus Sepakat

Dalam cerita yang ditulis pada buku pelajaran Sd ini menceritakan kucing dan tikus yang sepakat. Kesepakatan dalam kisah kucing dan tikus itu adalah kucing dan tikus akan bermain bersama, bercanda dan saling membantu dalam keadaan suka dan duka sehingga mereka tidak kesepian lagi. Jadi dapat dismpulkan bahwa akhirnya mereka pun bermain bersama-sama.

Awalnya si tikus takut dengan kucing, namun kucing itu justru tidak melukai tikus. Kucing mengatakan hanya makan roti dan keju saja. Mendengar itu tikus pun tidak takut lagi dan mereka pun berteman.

2. Mengapa Sampai Hati Kucing Memakan Tikus

Dalam beberapa kisah dan cerita, ada banyak tikus yang dimakan kucing. Menganapa demikian ? Secara rantai makanan, tikus adalah makanan kucing. Oleh sebab itu wajar jika tikus disantap oleh si meong. Kucing tidaklah kejam, namun itu adalah takdirnya sebagai pemangsa. 

3. Apa yang Dicari Kucing dan Tikus untuk Dimakan

Roti dan keju adalah 2 makanan kesukaan tikus. Sedangkan kucing dogambarkan dengan kesukaanya memakan ikan. Seperti yang dijelaskan bahwa kucing adalah hewan karnovora yang artinya memakan daging, namun dalam kehidupan, kucing juga memakan roti dan makanan nabati lainya. Begitu pula tikus yang kadang justru suka memakan daging. Namun di dalam cerita atau film-film, tikus memakan keju dan roti sedangkan kucing biasanya memakan ikan.

4. Permainan Kucing dan Tikus

Perseturuan kucing dan tikus mengispirasi terciptanya permainan kucing tikus. Perlu diketahui bahwa permainan kucing dan tikus ini mampu meningkatkan kepercataan diri dan kerjasama seorang anak. Lalu bagaimana cara mainnya:

Pertama, tetapkan satu orang menjadi tikus dan satu lagi menjadi kucing. Kedua Orang lain yang tidak bertugas menjadi kucing dan tikus bertugas membentuk lingkaran dengan menggandengkan tangan ke orang yang tugasnya sama pula. 

Yang ketiga, Tikus berada didalam lingkaran harus menghindari tangkapan kucing. Kemudian Kucing bertugas masuk kedalam lingkaran tersebut untuk menangkap tikus. 

Tugas yang membentuk lingkaran adalah mempertahankan tikusnya agar tidak digapai kucing dengan cara jongkok dan merendahkan tangan jika kucing tersebut ingin melewati masuk kedalam

5. Cerita Tentang Kucing Peliharaan

Terdapat kisah kucing peliharaan yang dikurung oleh majikannya. Sejak kecil ia tak bisa melihat dunia luar. Matanya hanya bisa memandang sebatas isi rumah saja. 

Ia sangat berharap bisa melihat dunia luar. Pagar rumah yang tinggi dan rapat tidaklah dan tidak akan bisa ia tembus, bahkan berkali-kali ia memanjat, namun tetap saja gagal.

Suatu ketika datanglah seekor tikus liar yang lusuh, kurus dan juga kotor. Ia terlihat sangat lapar. Ia memakan makanan sisa si kucing yang tergeletak di teras. Kucing yang melihat itu pun membiarkan. 

"Hei tikus, apa kamu sangat lapar sehingga cara makanmu seperti itu." tanya kucing

Mendengar itu si tikus lari ketakutan. Ia bersembunyi dibawah tumpukan bata.

"Hei jangan takut, aku tidak memakan tikus. Disini makanan yang enak sudah tersedia, bahkan sampai sisa" ucap tikus

Setelah kejadian itu, si tikus dan kucing pun berteman. Tikus menceritakan bagaimana dunia luar. Sedangkan kucing memberi sisa makanan pada tikus yang kesusahan mencari makanan. Tikus juga mengajak kucing untuk keluar dari rumah, ia buatkan lorong agar kucing bisa main. 

6. Tikus Jadi Kuat dan Hebat

Bertahun-tahun tikus hidup dibawah oenindasan kucing. Namun semuanya berubah saat tikus mendapatkan kekuatan dari tumpahan cairan penguat. 

Berkat kekuatan super yang didapat, tikus mengibarkan bendera perang kepada kucing. Dunia kucing porakporanda karena tikus yang berubah menjadi trengginas bak binatang buas. Kisah selanjutnya bisa dibaca disini

Sobat,  itulah deretan kisah kucing dan tikus yang populer. 2 binatang ini memang berseteru di dunia nyata, namun mereka kerap berdamai didalam fiksi. Ini patut dijadikan sebagai contoh bahwa yang bermusuhan pun bisa didamaikan. Salam

Posting Komentar untuk "7 Kisah Kucing dan Tikus yang Terpopuler dan Sejarahnya"