Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kisah TKI yang Tidak Digaji, Untung Ada Bantuan Dari Sini

KisahWeb - Pegawai, karyawan dan buruh tentu memiliki hak untuk mendapatkan gaji atau upah. Dalam islam kita mengenal salah satu hadits yang populer terkait hal ini. “Berikan kepada seorang pekerja upahnya sebelum keringatnya kering” (HR. Ibnu Majah, shahih). Pemaknaanya adalah bersegera menunaikan hak si pekerja setelah selesainya pekerjaan.

Namun kita telah mengetahui bahwa ada beberapa peristiwa yang pilu, yakni mereka para Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau dikenal TKI yang tidak mendapat gaji. Kisah pilu dialami oleh TKI asal Cirebon Jawa Barat. 

Ia bekerja di Riyadh selama 4 tahun lebih dan tidak mendapatkan gaji. Ia pun kemudian melarikan diri ke KBRI Riyadh kemudian mengutarakan kejadian. Alhamdulilah, KBRI Riyadh berhasil memperjuangkan hak gajinya dengan nilai total SAR 62.950,- (atau sekitar Rp. 232 juta dengan kurs SAR 1 = Rp. 3700).

Kisah TSW bermula ketika pada 10 Juni 2020 ia melarikan diri dari rumah majikan dan datang ke KBRI Riyadh untuk meminta perlindungan karena tidak digaji selama 4 tahun 6 bulan dan tidak dipulangkan selama 10 tahun 5 bulan.

Tim KBRI Riyadh kemudian memanggil majikan dan melakukan upaya mediasi hingga pada Selasa, 25 Agustus 2020 akhirnya majikan melunasi seluruh sisa gaji TSW sebesar SAR. 60.000,- dan  uang tiket SAR. 2950,-. Majikan juga berjanji akan segera memproses exit permit untuk pemulangan TSW.

Apakah kisah TKI / TKW yang tidak digaji hanya ini saja ? Tidak, ada banyak kasus. Kami merangkum beberpa kasus yang telah viral dan masuk ke pemberitaan nasional 

1. Kisah Pilu TKW Jordania Kabur dari Majikan karena Tak Digaji 12 Tahun

TKW yang malang ini bernama Diah Anggraini (36). Diah nekat kabur dari sang majikan setelah 12 tahun tak digaji. Pemerintah Indonesia melalui KBRI Amman, Jordania akhirnya memulangkan Diah. yang kemudian tiba di rumahnya Jalan Laksamana Martadinata, Kotalama, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.  

Diah hanya diberi janji-janji saja oleh si majikan, seperti ceritanya yang dilansir dari detik "Saat itu majikan hanya bisa janji dan janji ketika saya menagih mana gaji saya. Terus begitu, sampai kemudian saya kabur," ungkap Diah. Untungnya gaji yang terunda itu dibayar oleh majikan setelah diurus oleh pemerintah "Sudah, gaji mau dibayar, terima kasih kepada pemerintah," pungkasnya.

2. 31 Tahun Bekerja Sebagai TKW, Perempuan Ini Tak Pernah Digaji

Carmi adalah TKW asal Cirebon, ia yang hilang selama 31 tahun saat bekerja di Arab Saudi akhirnya pulang ke Tanah Air akibat lockdown di Arab Suadi. Diketahui, Carmi bertolak ke Arab Saudi saat usianya masih belasan tahun pada tahun 1988, perusahaan yang memberangkatkan ia pun kini sudah tutup. Carmi tak pernah keluar rumah selama puluhan tahun dan ia pun tidak pernah digaji. 

3. TKI saat Corona: Tak Digaji, PHK, hingga Tidur di Lemari 

Pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia pun berakibat pada TKI / TKW. Dilansir dari Suara com, mereka mengaku mengalami pelanggaran hak kerja selama wabah virus corona, mulai dari pemutusan hubungan kerja (PHK), gaji tidak dibayar, ketakutan melaporkan kondisi kesehatan karena khawatir ditangkap oleh aparat, bekerja ekstra tanpa diberikan insentif, hingga kelaparan. Sungguh keadaan yang berat dan pilu bagi mereka.

4. Tak Digaji dan Dilecehkan

Salah seorang TKI asal Karawang juga harus menelan pil pahit lantaran tidak digaji selama 12 tahun. Ia juga mendapat pelecehan oleh majikanya. Rosinah menjadi TKW sejak 2008 di Arab Saudi, dalam pengakuannya satu tahun pertama keluarga majikan baik dan membayar gaji. 

Sobat deretan Kisah TKI atau TKW yang tidak digaji tersebut bisa kita jadikan sebuah pelajaran dan pengingat diri. Untuk sobat yang ingin menjadi TKI, cermatah dalam memilih lembaga yang akan memberangkatkan dan berprinsiplah untuk terus berkomunikasi. Bagi Sobat yang memperkerjakan atau memiliki pekerja, hendaklah untuk memenuhi hak-hak pegawai ya. Salam

Posting Komentar untuk "5 Kisah TKI yang Tidak Digaji, Untung Ada Bantuan Dari Sini"