Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Berdakwah Melalui Media Sosial yang Mudah dan Berkah

KisahWeb - Jika anda ingin berdakwah dengan metode digital, anda bisa menyimak ulasan mengenai cara berdakwah melalui media sosial (medsos). Sebab dengan medsos, anda bisa mengingatkan dan menyampaikan tentang ajaran dan dakwah islamiah.

Secara deskriptif dakwah diartikan sebagai aktivitas atau kegiatan menyeru, mengajak, mengingatkan umat sesama pemeluk islam untuk berpegang teguh pada syariat islam. Tujuan dakwah adalah menyampaikan kebenaran, agar tercipta keridhoan dari Allah. dan, supaya kita semua tetap berada dalam jalan yang lurus.

Dakwah tidak hanya tugas seorang nabi atau rasul. Dakwah juga adalah tugas setiap umat. Seorang suami adalah pendakwah bagi keluarganya. Dan seseroang adalah pendakwah bagi dirinya sendiri.

Di era digital yang serba mudah ini, dakwah menjadi hal yang mungkin dilakukan. Sebab ada media sosial dan internet yang mempermudah pekerjaan dakwah. Ada jutaan pengguna internet yang tentunya ladang berdakwah.

Intinya, dakwah itu tidak harus dari atas mimbar ya Sob

Nah, untuk anda yang ingin berdakwah via media sosial, berikut ini adalah 10 cara dakwah di media sosial yang bisa anda coba;

1. Membagikan Postingan

Cara paling mudah, hanya sekali klik anda sudah tercatat berdakwah. Insyaallah pahalanya juga akan tercatat. Ialah dengan membagikan postingan dakwah. Misal anda menonton video ceramah di youtube, kemudian anda membagikan link tersebut pada orang dikontak anda.

Selain dibagikan, anda juga bisa men tag di instagram atau mengirim konten di facebook. Ini adalah cara mudah bagi anda yang tidak bisa membuat konten. Cukup dengan bagikan.

Anda juga bisa membagikan konten artikel di website, umumnya ada tombol ikon share yang bisa sekali klik kemudian dibagikan. Ikon tersebut bisa beripa wa, facebook dan lainnya. 

Namun anda harus memeriksa terlebih dahulu konten yang akan anda bagikan. Jangan sampai anda membagikan konten yang salah, sesat dan tidak baik. Periksa akun pengunggah konten, cek kredibilitasnya, sebab saat ini banyak juga lho akun buzer yang menyesatkan. Atau ada juga golongan atau kelompok islam dengan ajaran yang tidak baik.

Untuk youtube, beberapa channel yang kami rekomendasikan diantaranya Ustad Abdul Somad Official, Uastad Adi Hidayat Official, Ustad Syafiq Riza, Buya Yahya, Bincang Syariah dan gomuslim Official. 

Untuk web atau media, beberapa rujukan yang kredibel diataranya muslim or id, kosultasi syariah, republika, gomuslim, fatwa tv, rumaysho, muslimahdaily dan tafsir web.

Ingat ya, ada banyak kanal youtube, web dan blog yang isinya memprovokasi dan membuat gaduh. Pandailah dalam memilah dan meimilih. Jangan sampai jari anda digunakan untuk membagikan hal yang tidak baik.

2. Dengan Caption dan Status

Cara ini juga mudah, anda pasti sering membuat caption dan status di media sosial. Misal ketika anda memposting gambar di Instagram, maka anda akan menuliskan caption. Isilah dengan caption saling menasihati dan dakwah.

Jika biasanya anda membuat caption datar yang hanya alakardanya atau caption untuk mendeskripsikan, mulai saat ini anda bisa membuat caption dari hadits atau ayat alquran. 

Caption dan status yang anda buat di media sosial akan dibaca oleh teman dan pengikut anda. Insyaallah itu akan bernilai ibadah. Sebab anda sudah menyampaikan walaupun hanya satu ayat atau satu hadits.

3. Membuat Youtube Channel

Youtube sangatlah digandrungi oleh manusia abad now. Pengguna youtube di Indonesia telah tercatat sebanyak 90 juta lebih per 2020. Artinya ada banyak umat di yuotube.

Jika anda kompeten dalam hal editing video, maka anda bisa membuat atau mengedit video, kemudian unggahlah di youtube. Insyaallah konten itu akan menjadi amal jariyah, sebab akan abadi meski anda meninggal.

4. Dakwah Video Islami

Video memang menjadi bahan dakwah yang efektif, selain di youtube, anda bisa mengunggaj video di instagram, facebook, twitter dan tik tok. Anda bisa memproduksi sendiri atau mengedit dari video orang lain.

Jika anda memotong atau mengedit video milik orang lain, maka sebaiknya meminta izin terlebh dahulu. Atau anda bisa membaca ketentuan masing-masing pengungah sebelumya. Jangan sampai anda mencuri konten orang lain ya. Pakailah cara yang baik dan benar.

5. Membuat Desain Dakwah

Dakwah visual dan infografis muslim adalah alat jitu untuk masuk ke netizen. Butalah konten menarik, kreatif serta kekinian. Kemudian isi dengan nilai-nilai islami seperti nasihat, ayat dan hadits. 

Sepakat kah sama ucapan dari Uas ? ya sepakat dong

Konten pelajaran islam, tauhid dan fiqih juga akan nampak lebih menarik jika dibuat desain. Bahkan kini banyak sekali infografis islami yang bisa kita unduh di google dan instagram. Jika anda ingin mencari referensinya bisa menggunakan kata kunci poster dakwah islami di goole dan hastag dakwahvisual di instagra.

6. Membuat Komik Islami

Dakwah tidak harus dari atas mimbar, anda yang hobi menggambar dan membuat komik juga bisa berdakwah dari rumah. Khusus untuk anda yang bisa membuat komik, anda bisa bergabung dengan komunitas komik islami. 

Dakwah dengan komik adalah cara asik untuk masuk ke kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Sebab penyuka komik masih sangat banyak. Kami pun menemukan data bahwa ada ribuan orang yang berselancar di google dengan kata kunci komik islami. Artinya bahwa banyak yang mencari komik islami.

Salah satu media yang sangat konsisten memproduksi komik muslim adalah portal islami gomuslim, media kekinian ini membuat komik dua dimensi dan video komik islami. 

7. Membuat Blog atau Website

Untuk anda yang hobi menulis dan bisa menulis, anda bisa berdakwah dengan tulisan. Kemudian anda membagikannya. Contoh blog islami yang sukses adalah rumysho milik ustad Muhammad Abdul Tausikal. Blog beliau dikunjungi jutaan orang per bulannya.

Anda bisa menuangkan pengetahuan anda untuk dibagikan dalam blog. Membuat blog itu mudah dan murah. Sebuah blog bisa anda buat dengan hanya menghabiskan 100 ribu rupiah saja, bahkan bisa 0 rupiah jika anda menggunakan blogspot. 

8. Membuat Kajian dan Kelas Islami 

Kini kajian dan belajar bisa dilaksanakan secara daring. Anda bersama teman bisa membuat sebuah kajian di wa, zoom dan telegram. Jadi anda tidak perlu repot-repot datang ke sebuah kajian. Anda bisa kajian didalam rumah via media sosial.

9. Jadi Mimin Islami 

Kini ada banyak akun instagram islami, mereka merepost konten-konten dakwah. Anda juga bisa seperti itu, modalnya hanya akun instagram saja.

Salah satu akun yang telah diikuti 3 juta followers

10. Podcast

Walau belum banyak yang berdakwah di podcast, bukan berarti anda tidak harus mencobanya. Sebab podcast adalah salah satu konten kekinian yang banyak disukai lho.

Sobat, demikianlah ulasan mengenai cara berdakwah melalui media sosial (medsos) yang bisa anda terapkan. Silahkan dicoba. Yuk penatkan ativitas dengan hal- hal baik dan menebar kebaikan. 

Posting Komentar untuk "10 Cara Berdakwah Melalui Media Sosial yang Mudah dan Berkah"