Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolehkan Kita Membuang Limbah ke Sungai? Begini Penjelasannya

KisahWeb - Tak bisa dipungkiri bahwa banyak perusahaan yang membuang limbah disungai. Bukan hanya itu, pemukiman juga sangat berpotensi menghasilkan limbah lho. Termasuk rumahmu. Lalu sebenarnya bolehkan kita membuang limbah ke sungai ? Jawabannya jelas tidak boleh, alasannya bahwa itu adalah pencemaran yang akan merusak sungai.

Wikipedia mendeskripsikan limbah sebagai buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik. Di mana masyarakat bermukim, di sanalah berbagai jenis limbah akan dihasilkan. Ada sampah, ada air kakus, dan ada air buangan dari berbagai aktivitas domestik lainnya.

Bahaya Limbah Jika Dibuang Ke Sungai

Membuang limbah ke sungai adalah sebuah larangan, ada proses yang harus dijalankan sebelum limbah itu bisa masuk ke sungai. Namun kini banyak limbah yang dibuang ke sungai dengan cara ilegal. Limbah yang masuk kesungai dapat mengkontaminasi saluran air yang menyebabkan kerusakan pada kehidupan lingkungan laut/sungai dan sekitarnya.

Di dalam limbah ada bahan kimia, bahan radioaktif, logam berat, air yang terkontaminasi, gas, atau bahan berbahaya lainnya. Limbah-limbah tersebut akan mencemari air sungai/laut. 

Apabila air yang terkontaminasi limbah dikonsumsi oleh manusia, maka akan menyebabkan gejala-gejala kesehatan berbahaya. Bahayanya jika air sumur berada dekat dengan sungai yang tercemar limbah, maka air minumnya akan tidak sehat karena mengandung zat kimia berbahaya.

Limbah Meresap Ke Tanah

Tidak semua air sungai akan bermuara. Sebagian akan meresap ke tanah. Jika air yang meresap ke tanah bercampur dengan zat berbahaya dari kontaminasi limbah, maka tanah tersebut bisa beracun. Sedangkan tanah adalah tempat tumbuh tanaman. Otomatis tanaman pun ikut teracuni. Akan berbahaya mengkonsumsi tanaman yang beracun.

Bolehkan Membuang Sampah di Sungai

Sampah kan bukan limbah? Oh tidak. Sampah juga termasuk limbah perumahan. Sampah disungai dapat mengakibatkan banjir karena sungainya tersendat. Biota air yang tinggal di sungai pun akan terganggu. 

Lihatlah betapa kotornya sungai yang ada di Jakarta, dan kota besar lainnya. Sampah bisa menimbulkan bencana besar yakni banjir. Setelah banjir, banyak penyakit menyerang. Banjir juga merugikan secara ekonomi.

Jika Sungai Bersih

Salah satu negara yang sungainya bersih adalah Jepang. Berkat kebersihan dan kejernihan sungai, banyak yang bisa dilakukan didekat sungai. Kita bisa membuat taman di didekat sungai. Kita juga bisa memancing ikan di sungai yang bersih itu. Lingkungan menjadi indah jika sungai nya bersih.

Sungai Terkotor di Dunia

Sobat, tahukah kamu bahwa ada 7 sungai terkotor di dunia versi 99 co. Kotornya sungai itu akibat ulah orang-orang tak bertanggung jawab yang suka membuang limbah dan kotoran di sungai. Berikut nama-nama sungainya:

- Sungai Gangga (India)

- Sungai Sarno (Italia)

- Sungai Pasig (Filipina)

- Sungai Jordan (Israel)

- Sungai Matanza-Riachuelo (Argentina)

- Sungai Mississippi (Amerika Serikat)

- Sungai Citarum (Indonesia)

Kesimpulan

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kita tidak boleh membuang limbah disungai. Alasannya adalah mencemari sungai dan lingkungan yang akan berdampak pada kesehatan manusia dan lingkungan sekitarnya. Berikut poin-poin alasan mengapa kita tidak diperbolehkan buang limbah di sungai:

- Mencemari Sungai

- Membuat kotor

- Menimbulkan banjir

- Bisa menimbulkan penyakit

- Lingkungan jadi kotor dan bau

- Keseimbangan lingkungan akan hilang

- Dampak buruk berkelanjutan

Bolehkan Kita Membuang Limbah ke Sungai? TIDAK BOLEH. Alasannya seperti pada poin kesimpulan diatas. Mari menjaga kebersihan lingkungan. Salam

Barang siapa menghidupkan tanah yang mati, maka baginya pahala. Apa yang dimakan oleh binatang darinya, maka itu baginya pahala sedekah” sabda Nabi Muhammad dalam satu hadits riwayat An-Nasai, Ibnu Hibban, dan Ahmad"

Posting Komentar untuk " Bolehkan Kita Membuang Limbah ke Sungai? Begini Penjelasannya"