Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Kisah Kejujuran Singkat yang Nyata Penuh Makna

KisahWeb - Ada banyak sekali kisah kejujuran singkat yang terjadi dan kemudian menjadi perbincangan. Selain itu banyak juga cerita dari masa lampau, baik dari para teladan dan dari para tokoh terkemuka yang bersikap jujur.

Kejujuran adalah sebuah perilaku baik yang diperintahkan. Jujur artinya sesuai antara pernyataan dan kenyataan, antara hati dan mulut, antara informasi dan kejadian. Kejujuran berlawanan dengan kebohongan dan dusta. Orang yang jujur mendekatkan diri kepada keberkahan, sedangkan pembohong menjerumuskan pada hal yang buruk.

Berikut ini adalah beberapa cerita atau kisah kejujuran yang singkat;

1. Kejujuran Nabi Muhammad SAW

Tak bisa dipungkiri kalau sang penyandang gelar Al-Amin yang artinya dapat dipercaya adalah teladan kejujuran. Ia adalah Nabi Muhammad SAW. 

Sikap jujurnya sudah tertanam sebelum ia diangkat menjadi Nabi, kejujurannya pun beliau terapkan dalam berbisnis. Nabi Muhammad dikenal sebagai pemuda jujur saat bertugas membawa banyak barang dagangan milik Siti Khadijah. Kejujuran itu pun membuat Khadijah jatuh hati pada Nabi. 

2. Kejujuran Pemuda dan Sepotong Kayu

Dikisahkan ada pemuda yang berhutang pada seorang yang tidak ia kenal. Tak ada saksi dan penjamin dalam piutang ini, si pemuda hanya berkata bahwa jaminannya adalah Allah SWT. Jika ia bohong dan ingkar janji maka Allah akan murka padanya. 

Peminjam pun akhirnya percaya padanya. Setelah berlayar, pemuda yang meminjam itu pun tiba pada waktu tempo. Ia kemudian teringat untuk mengembalikan pinjamannya.

Namun, ia tak bisa mendatangi pulau tempat tinggal si pemberi pinjaman, dan dihari itu tak ada satupun perahu yang menyeberang. Karena ketakutannya pada Allah akan janji nya, ia lantas memasukan dinar untuk mengembalikan hutang itu kedalam sepotong kayu. 

Kemudian ia berdoa kepada Allah, berharap semoga kayu berisi dinar dan sepucuk surat itu sampai. Dengan kekuasaan Allah, kayu tersebut sampai kepada si pemberi hutang. Keesokan harinya, si pemuda peminjam ini mendatangi peminjam bermaksud untuk mengembalikan hutang dinar. Namun si peminjam yang jujur pun berkata bahwa ia telah menerima surat dan dinarnya.

3. Memo Anak Jujur

Media sosial dan pemberitaan dihebohkan berita seorang anak yang berani jujur saat tak sengaja merusak sebuah mobil yang terparkir. "Maaf ya pak, mobil bapak tergores saat saya jatuh dari sepeda. Ini nomor wa ibu saya 0813..xxxxx" Tertulis oleh Zhafran.

Diketahui Zhafran tidak sengaja membuat mobil tergores diparkiran. Kisah ini menuai banyak pujian warganet. Belakangan ini diketahui bahwa sang ibu yang telah mengajarkan kejujuran pada anak tersebut.

4. Anak SD Kembalikan Iphone Hilang

Seorang anak SD asal Philipina yang jujur menyimpan dengan baik HP milik gurunya yang tertinggal. Sang guru akhirnya menyadari hp nya telah hilang, kemudian beberapa waktu kemudian ia menghubungi ponselnya dengan HP milik rekannya. 

Kemudian si anak mulia ini mengangkat telpon dan bekata "Hp nya ada bersama saya, aman ditangan saya. Saya tidak tau ini milik siapa, karena layar hp nya terkunci. Silahkan ambil di rumah saya yang beralamat di...." tutur si anak baik ini. 

Bayangkan jika yang menemukan hp adalah tangan panjang! Mungkin hp itu tidak akan kembali.

5. Minta Maaf Via Video

Dalam sebuah video iklan di Malaysia, terlihat anak kecil sedang meminta maaf saat lebaran. Ia meminta maaf pada ayahnya, jujur mengakui kesalahan yang pernah ia perbuat. Wah bisa ditiru ya, membuat video #jujurchalange saat lebaran.

6. Kejujuran Pacar

Seorang pacar, sebut saja bunga berani berkata jujur terhadap calon pacarnya sebelum mereka jadian. Ia berkata jujur bahwa ia dulu pernah membuat kesalahan besar dengan mengambil helm milik calon pacarnya itu sewaktu SMP. Melihat kejujuran itu, si wanita jelita itu pun menerima ajakannya untuk berpacaran. Mereka pun kemudian menikah.

7. Jujurnya Teman

Tidak semua teman disekitar memiliki sifat jujur, kejujuran teman sebenarnya bisa membuat hubungan pertemanan menjadi awet. Seperti Agung dan Riko yang sudah bertahun-tahun membangun bisnis bersama.

Landasan gurita bisnis yang dibuat adalah sebuah kejujuran diantara mereka. Tak pernah mereka berbohong hanya untuk berbuat curang satu sama lain.

Deretan kisah-kisah mengenai kejujuran yang singkat diatas bisa menjadi motivasi untuk Sobat. Semoga kita senantiasa untuk jujur dan diberi hidayah untuk terus jujur dalam hal apapaun. Sebab jujur itu baik. Salam

Posting Komentar untuk "7 Kisah Kejujuran Singkat yang Nyata Penuh Makna"