Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kisah Menanam Pohon Sengon yang Sukses

KisahWeb - Kisah menanam pohon sengon yang baik dan sukses cukup banyak. Pohon yang tergolong laku dipsaran dan mudah dalam penanaman ini menjadi primadona. 

Budidaya pohon sengon di Indonesia mulanya dianggap sebelah mata, namun kini sudah banyak yang sukses. Bahkan presiden Jokowi pun pernah membuat hitung-hitungan keuntungan budidaya pohon sengon.

Pohon yang bernama latin Albizia chinensis adalah sejenis pohon anggota suku Fabaceae. Pohon yang terkenal sebagai penghasil kayu ini tersebar secara alami di India, Asia Tenggara, Cina selatan, dan Indonesia. 

Menurut Wikipedia Sengon menghasilkan kayu yang ringan sampai agak ringan, dengan densitas 320–640 kg/m³ pada kadar air 15%. Agak padat, berserat lurus dan agak kasar, namun mudah dikerjakan. Kekuatan dan keawetannya digolongkan ke dalam kelas kuat III–IV dan kelas awet III–IV

Budidaya / bisnis sengon memang tidak memerlukan modal banyak. bisnis ini pun benar-benar menggiurkan dan sedang naik daun. Dilansir dari Detik Finace Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia (APHI) Purwadi Soeprihanto mengakui bahwa bisnis sengon memang sedang naik daun. 

Dia mengatakan bahwa memulai bisnis sengon tak sulit untuk dilakukan. Modalnya  sekitar Rp 10 juta. Berikut ini adalah kisah menanam pohon sengon yang sukses dan bisa menjadi inspirasi untuk kita.

Rudin, Menanam Sengon 20 Tahun 

Rudin mulanya bingung, ia tak cukup waktu untuk menggarap lahan seluas 10 hektar di Kampungnya. Kemudian ia mendapat ide untuk menanam pohon sengon. 

Ia menghabiskan modal sekitar 10 juta rupiah untuk membeli benih, proses pembenihan. 20 tahun ia membiarkan pohon sengon tumbuh, ia hanya mengontrol 3 kali dalam setahun. 20 tahun kemudian ia mendapat keuntungan yang luar biasa yakni 15 miliar rupiah. 

Presiden Jokowi Untung Rp173 Juta Per Tahun Per Hektar 

Presiden Indonesia Jokowi yang juga merupakan lulusan kehutanan UGM cukup lihai dalam menghitung keuntungan bisnis menanam pohon sengon. 

Dalam wawancara oleh media nasonal Tempo dia menyimpulkan dalam jangka waktu lima tahun, penanaman pohon Sengon di lahan seluas satu hektar bisa menghasilkan keuntungan Rp867 juta. "Artinya satu tahun, ada untung Rp173 juta atau per bulan Rp14 juta," kata Jokowi.

Wahyu Widodo, Si Hotman Paris Nya Banyuwangi

Wahyu Widodo sudah sering muncul di media online, TV maupun youtube. Ia adalah miarder pengusaha sengon yang sangat sukses. Ia dijuluki Raja Sengon. 

Sumber gambar detik com 

Menurut media kenamaan Boombasyis Sang Raja Sengon ini mempunyai lahan sengon di wilayah timur Jawa Barat hingga Banyuwangi. Ada sekitar 300 hektare tanah yang ia pakai, sebagiannya memang masih berstatus sewaan.

Omset Tembus Ratusan Juta

Ruswandi adalah seorang pria yang sudah tidak muda. Ia berasal dari pekalongan. Ia fokus pada pembibitan sengon. Kini ia sudah memiliki 20 karyawan. 

Ruswand mengakui, bahwa pembibitan sengon memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Untuk setiap kali panen, dia bisa mendapat omset sedikitnya Rp 100 juta. Bisnis ini tentunya bisa kita lirik, sebab telah banyak penanam sengon, namun mereka tidak bisa membibitkanya.

Sang "Haji Sengon" Asal Probolinggo 

Banyak pembudidaya sengon yang sangat  sukses di daerah Probolinggo. Mereka berangkat haji dengan biaya dari hasil menanam sengon. Banyak warga yang "gila" menanam sengon. 

Kegilaan ini berkonotasi positif karena berdampak pada lingkungan hidup sekaligus kesejahteraan warga setempat. Banyak yang naik haji, membeli mobil dan juga membangun rumah dari hasil menanam sengon. 

Baca Juga: Kisah Nabi Nuh Menanam Pohon

Pohon sengon memang memiliki prospek baik dari segi ekonomi. Dengan modal yang tidak terlalu besar dan pengurusan yang mudah, binsis ini patut anda coba. Melihat kisah menanam sengon yang sukses diatas, pastinya anda tergiur kan. Selamat mencoba. 

Posting Komentar untuk " 5 Kisah Menanam Pohon Sengon yang Sukses"