Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Filosofi Logo Petir Secara Umum dan Islam

KisaWeb - Membuat logo dengan ikon utama petir tentu memiliki sebuah arti, sebab filosofi logo petir mengandung banyak  makna. 

Dalam islam, petir atau halilintar bukan sekadar fenomena biasa. Sebab, dalam setiap petir yang terjadi ada malaikat yang bertugas dan mengaturnya, bersamaan dengan itu Allah lah yang menghendaki adanya petir.

Dalam tafsir Jalalain dijelaskan bahwa al-barq yang artinya petir adalah sebuah cahaya yang berasal dari  cambuk malaikat untuk menggiring mendung. 

Baca Juga: Kata kata Tentang Petir

Dilansir dari Republika, Ibnu Abbas menambahkan, Sesungguhnya petir adalah malaikat yang meneriaki (membentak) untuk mengatur hujan sebagaimana pengembala ternak membentak hewannya (Adab Al Mufrod/722).

Kedahsyatan petir dan juga fenomenanya yang menakjubkan menjadikan petir sering digunakan sebagai ikon sebuah logo. Sebut saja tokoh super hero the flash yang menggunakan simbol halilintar didadanya, ada juga thunder dan juga PLN yang terdapat unsur halilintar dalam logonya.

Berikut ini adalah beberapa arti simbol atau lambang dari petir

1. Sebagai Kekuatan Besar

Petir merupakan simbol kekuatan yang sangat besar. Petir mampu menghancurkan berbagai macam benda yang disambarnya. Tegangan muatan listrik bisa mencapai 26.000 ampere. Itu bisa mencukupi kebutuhan listrik satu kampung atau bahkan lebih. 

Menggunakan petir sebagai logo, bisa menegaskan kekuatan besar sebuah indentitas. Misal, anda membuat logo klub sepakbola dengan icon petir, itu bisa menegaskan kekuatan skuad klub bola anda.

2. Simbol Kecepatan

Jika diibaratkan, kecepatan petir mampu menempuh jarak antara London ke Bristol dengan waktu 1,5 detik. Untuk diketahui, jarak kedua kota tersebut lebih dari 100 mil dengan waktu tempuh perjalanan darat sekitar 2 jam lebih.

Menurut riset sambaran petir mampu bergerak dengan kecepatan cahaya atau sekitar 670 juta mph. Sambaran petir rata-rata bergerak pada kecepatan 270 ribu mph. Artinya bahwa petir sangat representatif untuk menggambarkan sebuah kecepatan.

Anda bisa menggunakan logo petir sebagai icon perusahaan internet atau jaringan,  atau juga jasa pengiriman ekpedisi. Dengan logo petir dan tagline secepat kilat, itu bisa menarik konsumen untuk datang. 

3. Mengartikan Sebuah Cahaya 

Cahaya yang diciptakan oleh petir adalah cahaya singkat yang menakutkan. Petir nampak menyeramkan saat berlatarkan langit hitam. Cahaya dari petir bisa diartikan sebagai cahaya yang eksklusif dan spesial.

4. Sebagai Penegas 

Simbol halilintar bisa menegaskan logo identitas. Karakter kuat dan cepat akan terpancar dari logo yang terdapat icon petirnya. 

5. Kemampuan Mengendalikan Hawa Nafsu

Salah satu wilayah yang menggunakan logo petir sebagai icon adalah Kabupaten Grobogan. Di dalam logo daerah ini terdapat unsur petir berwarna hitam. 

Dilansir dari situs resminya petir atau halilintar menggambarkan karakter masyarakat Kabupaten Grobogan dalam kemampuannya mengendalikan hawa nafsu. Halilintar (petir) ini diambil dari filosofi Legenda Ki Ageng Selo.

Sobat, itulah beberapa ulasan mengenai filosofi logo petir dan juga pemaknaanya. Semoga bisa menjadi referensi. 

Posting Komentar untuk "5 Filosofi Logo Petir Secara Umum dan Islam"