Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pemuda Menurut Islam dan Maknanya

Kisah Web - Pengertian pemuda menurut islam adalah sorang ikhwan atau akhwat yang tentunya beragama islam dengan rentan usia dari 15 sampai 30 tahun dan atau dibawah 40 tahun. Untuk usia, memang relatif, banyak sudut pandang berbeda mengenai usia. Namun pemuda  diartikan sebagai seseorang yang memiliki masa keemasan dalam hidupnya.

Menurut islam, pemuda merupakan seorang hamba yang masih kuat secara fisik dan mental. Masih memiliki banyak kekuatan untuk mengoptomalisasikan dirinya. Bahkan islam menyebut secara spesifik tentang pemuda dalam beberapa kisah hikmah dan pesan. Diantaranya hadits nabi dan juga ayat Alquran.

Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan untuk memanfaatkan masa muda sebelum masa tua datang. Sebab ketika seseorang sudah berumur, maka ia akan renta dan berkurang kekuatanya. Seorang muslim yang tua juga menurun semangatnya. 

Dari Amru bin Maimun bin Mahran sesungguhnya Nabi Muhammad Saw berkata kepada seorang pemuda dan menasehatinya, “Jagalah lima hal sebelum lima hal. (1) Mudamu sebelum datang masa tuamu, (2) sehatmu sebelum datang masa sakitmu, (3) waktu luangmu sebelum datang waktu sibukmu, (4) kayamu sebelum miskinmu, (5) hidupmu sebelum matimu.

Begitulah sabda nabi yang secara khusus diberikan pada pemuda. Mengingat, masa muda amat penting. Jangan sampai kita menyianyiakan masa muda, kemudian menyesal dimasa tua. Atau melakukan hal negatif saat muda, hingga berdampak buruk pada hidup.

Pemuda dalam pandangan islam amat memegang peranan penting, baik bagi masa depan dirinya maupun orang disekitarnya. Masa muda adalah masa emas, masa kejayaan dimana kekuatan masih amat besar. Namun sebaliknya, jika seorang pemuda tidak punya arah dan tujuan yang jelas dalam menjalani hidup, saat itulah sebenarnya sedang ada masalah atau bahkan menjadi sumber masalah. 

Pemuda harus pandai menjaga diri dan mengarahkan diri. Jangan sampai salah dan terjebak dalam lingkungan yang tida produktif. Kini banyak pemuda yang sudah sukses menjadi pengusa, namun banyak pula pemuda yang gagal, hanya menjadi pengangguran berdasi. Ingatlah bahwa Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali kaum tersebut merubahnya. Artinya, pemuda juga harus memperjuangakn nasibnya.

Pemuda dalam Dakwah Islam

Dalam perkembangan dakwah Rasul, pemuda juga amat penting perananya. Sebagaimana diriwayatkan "Aku pesankan agar kalian berbuat baik kepada para pemuda, karena sebenarnya hati mereka itu lembut. Allah telah mengutus aku dengan agama yang lurus dan penuh toleransi, lalu para pemuda bergabung memberikan dukungan kepadaku. Sementara para orang tua menentangku.'

Sahabat Ibnu Abbas pernah menyatakan, ''Tidaklah Allah mengutus seorang Nabi melainkan pemuda. Dan seorang alim tidak diberi ilmu pengetahuan oleh Allah melainkan di waktu masa mudanya.''

Nabi Muhammad memulai dakwah saat masa mudanya. Beliau juga didukung oleh para sahabat dan pengikut yang masih muda. Itu menggambarkan dan mencontohkan bahwa masa muda adalah masa keemasan dalam berdakwah.

Di era modern saat ini, telah banyak pemuda yang menjadi dai. Banyak pula pemuda yang berjuang dalam kemuanisaan, misal bekerja di filantropi. Telah banyak pula pemuda yang berdakwah dengan konten, menyebarkan konten dakwah di instagram, youtube dan lainya. Kumpulkanlah pahala dakwah semasa muda. 

Mencontoh Nabi Muhammad Muda dan Contoh Teladan Lainya

Teladan paling sempurna untuk para pemuda adalah Nabi Muhammad. Nabi Muahammad sudah ikut bisnis sampai keluar negeri sejak usia 12 tahun. Di Usia 17 tahun, Nabi sudah memimpin rombongan dagang besar milik pamanya. Di usia ke 25, Nabi juga berniaga lintas negara. Etos kerja dan akhlak mulia sang Nabi amat pantas dijadikan sosok panutan. 

Kini sudah seharusnya pula terbentuk dan muncul generasi muda idaman berkarakter ashabul kahfi, berakidah Ibrahim, pecinta sifat-sifat mulia para Nabi. Dengan demikian, para pemuda dan pemudi mempunyai kriteria yang jelas dalam mengidolakan seseorang. Hingga punya target dan tujuan jelas.

Alquran dengan indahnya telah memberikan kisah teladan para pemuda gua (ashabul kahfi) yang terkenal kokoh iman dan teguh pendirian dalam memegang prinsip kebenaran. Kisah teladan mereka kemudian diabadikan dalam kitab Aquran. Tentu ada makna sendiri bagi para pemuda saat ini. 

Sobat, masa muda adalah masa kejayaan, jangan hanay diisi dengan rebahan. Masa muda tidak akan terulang 2 kali, karenanya jangan pernah sia siakan kesempayan mudamu. Manfaatkan untuk menjemput sukses dan optimalisasi diri, pagari dengan iman dan taqwa supaya tidak terjerumus dalam kesalahan dan dosa. Semoga ulasan Pengertian pemuda menurut islam beserta pemaknaanya ini bisa mejadi ispirasi.

Posting Komentar untuk "Pengertian Pemuda Menurut Islam dan Maknanya"