Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kisah Hutan Sancang Nyata

Kisah Web - Salah satu hutan dengan cerita mistis terseram adalah hutan sancang. Ada banyak cerita dan kisah hutan sancang yang tersebar dari mulut ke mulut hinga tersebar pula di dunia digital. Beberapa bahkan telah ada dalam catatan jurnal dan buku. Keseraman dan kemistisan hutan ini memang amat terkenal.

Secara geografis, hutan sancang adalah bentang alam yang kini telah ditetapkan sebagai cagar alam. Artinya kawasan hutan sancang adalah kawasan konservasi yang dilindungi. Selain dilindungi oleh undang-undang, hutan sancang juga dilindungi oleh mahkluk gaib, beginilah kisah-kisahnya 

1. Legenda Mistis di Leuweung Sancang yang Bantu Hutan Lestari

Perlu diketahui bahwa kawasan hutan Leuweung Sancang dilindungi oleh 2 mahkluk lintas alam. Pertama dilundungi oleh manusia selaku penjaganya. Kedua adalah maksluk gaib berupa hantu penunggunya. Di hutan ini ada legenda Prabu Siliwangi raja di Kerajaan Padjadjaran. Konon katanya, menurut cerita dari mulut ke mulut, Prabu Siliwangi menghilang di hutan itu.

Legenda tersebut membuat hutan seaakan penuh aura mistis hingga orang-orang pun enggan untuk masuk dan merusak hutan. Bisa dibilang keberadaan mahkluk halus ikut berperan besar dalam kelestarian hutan. 

2. Satu Keluarga Dibuat Nyasar Hutan Leweung Sancang oleh Hantu Sekitar

Suatu ketika terdapat salah satu keluarga yang memutuskan liburan di daerah garut. Tepatnya di sekitaran pantai. Mereka memancing hingga tak sadar bahwa hari mulai gelap. Hal itu lantaran saking keasikannya mereka. Mengetahui keadaan tersebut, mereka pun terburu-buru. Namun naas, mereka kesasar hingga masuk ke salah satu perkampungan yang sepi. Merekapun putar arah dan mencoba membuka google maps.

Namun ternyata itu bukan lah solusi, sinyal dan jaringan tiba-tiba hilang hingga membuat mereka tersesat sampai ke pantai tempat mereka bersantai tadi siang. Seketika rombongan amat panik. Mereka mengingat ingat arah dan bertanya pada warga sekitar. Ditunjukanlah jalan yang benar oleh warga. Mereka kemudian mengikuti arah tersebut, namun bukanya jalan pulang, namun mereka mentok ke sebuah kuburan. 

Seketika hal itu membuat kepanikan yang luar biasa hingga salah seorang anak menangis histeris. Kemudian datanglah seorang penduduk sekitar yang menunjukan jalan, ia ikut masuk ke dalam mobil untuk menunjukan jalan hingga ke jalan lintas Jawa arah mereka pulang.

3. Pohon Kaboa Adalah Jelmaan ? 

Sebagian orang menganggap hutan sancang sebagai hutan yang sangat angker, namun sebagian lagi tidak. Wajar joka sebagian orang menganggap tisak terlalu angker, sebab ada Pantai indah dengan susunan batu karang hutan dan pantai putihnya. Disekitar pantai juga nampak beerjejeran Pohon Kaboa.

Pohon yang diyakini tempat adanya Prabu Siliwangi masih berdiri kokoh, memenuhi pinggir pantai yang secara mitos dimana ada Pohon Kaboa, disanalah Prabu Siliwangi pernah ada. Pohon ini diyakini sebagai jelmaan Siliwangi dan Pasukan-pasukan Siliwangi. Konon, ketika Kiansantang pulang dari Tanah Arab ingin mencoba kesaktian ayahnya, Siliwangi.

Pohon itu pun hanya tumbuh di Pantai Sancang menggenapi berbagai 'petilasan' (Bekas Singgah) Sang Prabu seperti seperti Batu Cikajayaan, Karang Gajah dan lokasi Pohon Kaboa. Sampai saat ini banyak yang beranggapan bahwa spot-spot itu adalah tempat suci suci sehingga tak seorang pun berani merusaknya. "Siapa yang berani merusak, Harimau Sancang siap-siap menerkam meski harimau tersebut jarang sekali ditemui," ujar Ketua Pengawas Sancang, Abidin.

4. Ritual Vicky Prsetyo


Minum air putih saja. Ada juga ritual khusus. Bertapa saja di Sancang," tegas Vicky kepada KapanLagi saat ditanya bagaimana bisa dirinya punya banyak pacar sesaat setelah berita vicky bertapa di gua sancang viral di dunia gosip. 

Ritual yang dilakukan vicky memang sering juga dilakukan oleh orang lain. Bahkan hampir setiap minggu nya selalu ada orang datang untuk mencari keberuntungan. Mereka umumya datang ke Gua Sancang karena punya keinginan.

Konon katanya, Gua Sancang menjadi tempat Prabu Siliwangi dan pasukanya tersudut kala Kian Santang mengejar mereka. Setelah kisah ini tersebat, anyak sekali orang kelakukan pertapaan di lokasi keramat gua Sancang. Mitosnya dalah kalau bertapa dan melakukan ritual di sana, akan didatangi harimau putih yang bakal memberikan kesaktian pada mereka, termasuk menjadi sosok yang disegani dan menarik hati lawan jenis. Hmmmm. 

5. Kisah Harimau Putih Hutan Sancang

Konon, saat ini Prabu Siliwangi tetap hidup dan raganya berada di dalam wujud harimau putih yang terus berjaga di hutan. Beberapa orang meyaknini hal tersebut, bahkan ada juga saksi yang mendengar auman harimau saat berada di hutan sancang. 

Sobat , itulah deretan kisah hutansancang di Garut Jawa Barat dan beberapa sejarah masa lalunya yang melengenda. Sampai saat ini, kawasan ini memang menyimpan berjuta misteri dan sejarah yang terus mengantui. Namun perlu diingat bahwa hal gaib itu ada, tapi kita tidak harus menjadikannya sebagai sandaran. 

Posting Komentar untuk "5 Kisah Hutan Sancang Nyata"