Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Putri Kembang Dadar, Misteri Cerita Rakyat Dari Sumatera Selatan

KisahWeb - Cerita rakyat Sumatera Selatan Putri Kembang Dadar menyisahkan sebuah makam yang kini masih terjaga. Makam ini pun dijaga oleh seorang juru kunci, ia yang kerap menuturkan bagaimana kisah atau legenda Putri Kembang Dadar ini.

Putri yang cantik ini telah memikat banyak mata pria, bahkan ia dijuluki dewi dari kayangan karena ia memiliki paras sangat cantik. Ia adalah putri dari seorang raja di kerajaan hilir.

Nama putri kembang dadar diambil dari Kembang yang merupakan simbol keindahan, sedangkan dadar adalah kekuatan menahan ujian hidup. Artinya putri kembang dadar adalah seorang putri yang cantik dan memiliki ketabahan dalam menjalani setaiap ujian hidup dari tuhan.

Sang putri pun memudian memmpunyai jasa besar dalam mempersatukan dua kerajaan yang berselisih. Ia dikenang oleh rakyat pada zaman dahulu sebagai putri pemersatu kerajaan. Seperti inilah kisah lengkapnya;

Putri Kembang Dadar

Diceritakan pada zaman dulu ada banyak kerajaan kecil di Sumatera Selatan. Terdapat perselisihan antara kerajaan-kerajaan kecil tersebut, diantaranya kerajaan hilir dengan hulu.

Terjadi peperangan hebat antara mereka, pertempuran dilaksanakan di perbatasan kerajaan. Dengan berbagai macam strategi, kerajaan Hulu pun memenangkan pertempuran. Kepala pemimpin perang kerajaan hilir dipisahkan dengan badannya, tanda bahwa kerajaan hilir telah kalah.

Mengatahui itu raja hilir yang tidak ikut perang pun marah besar. Ia mengumpulkan seluruh pemimpin dan bawahan di kerajaan hilir untuk berdiskusi. 

Kemudian sang raja menanyakan siapa yang sanggup memimpin pasukan selanjutnya untuk berperang melawan kerajaan hulu. Namun tak ada satupun yang berani. Di saat semua terdiam, mata sang raja tertuju pada anaknya dan bertanya "Wahai anakku, apa pendapatmu tentang hal ini ?"

"Kulihat kau tidak gelisah mendengar kalahnya kerajaan kita, kau juga terlihat tak takut sama sekali?" Tanya kembali sang raja pada Putri Kembang Dadar. Namun sang putri hanya menjawab dengan senyum, tanpa kata ia hanya memberikan senyum pada sang ayahnya.

Tak lama kemudian, Putri Kembang Dadar meminta izin untuk berangkat perang ke kerajaan hulu. Sang raJa pun terkejut mendapati keberanian putrinya. Ia pun mengizinkan putrinya untuk berangkat ke kerajaan Hulu.

Kemudian Putri Kembang Dadar berangkat, ia menyamar menjadi seorang pedagang sayuran di kerajaan Hulu. Karena parasnya yang cantik, Putri Kembang Dadar mencuri perhatian raja hulu yang masih muda dan gagah itu. Raja lalu memerintahkan putri untuk menghadapnya, sang raja mengutarakan cintanya pada putri.

Mereka pun menikah, kerajaan hulu memiliki permaisuri nan cantik. Membuat semuanya bahagia dan berpesta pora. Kabar ini pun akhirnya sampai ke kerajaan hilir. Raja hilir mengutus prajurit untuk mengirim surat pada Putri Kembang Dadar yang sudah menjadi permaisuri.

Kemudian dengan kesaktiannya, Putri Kembang Dadar datang tanpa jasad ke kerajaan hilir. Hanya ruhnya saja yang berbicara dengan ayahndanya. Ia mengutarakan kejadian yang sebenarnya. Sang raja hilir pun menerima apa yang sudah menjadi keputusan putrinya itu.

Singkat cerita, Putri Kembang Dadar mampu meyatukan dua kerajaan tersebut. Ia pun dikenal sebagai putri cantik yang telah medamaikan perselisihan kerajaan hulu dan hilir.

Cerita Pun Selsai 

Fakta-fakta dan Misteri lain Tentang Putri Kembang Dadar

Sudah Masuk Islam Sebelum Meninggal

Menurut penuturan dari youtuber asal Palembang Mang Dayat, Putri Kembang Dadar sudah masuk islam sebelum meninggal. Informasi tersebut ia dapat dari juru kunci makam. "Itu dilihat dari makamnya yang sudah menghadap ke Kiblat" ucap Mang Dayat menarasikan videinya.

Terdapat juga lagu Putri Kembang Dadar yang kemudian sering dinyanyikan. Selin itu banyak warga sekitar makam Putri Kembang Dadar yang melihat adanya penampakan putri kembang dadar yang berjalan dengan kereta kendana tanpa penunggang.

Dari cerita yang berkembang, banyak meyakini kesaktian sang putri. Mereka juga yakin bahwa niat putri ke kerajaan hulu adalah  bagian dari rencananya untuk mendamaikan kerajaan tersebut. 

Kini namanya telah abadi di salah satu jalan dan kapal di Sumatera Selatan. Sobat demikianlah ulasan mengenai salah satu cerita rakyat asal Sumatera Selatan Putri Kembang Dadar yang dikenal cantik, pemberani dan gigih menghadapi ujian kehidupan. 

Posting Komentar untuk "Putri Kembang Dadar, Misteri Cerita Rakyat Dari Sumatera Selatan "