Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Pengertian Kisah Menurut Para Ahli

KisahWeb - Ada berbagai macam deskripsi atau pengertian kisah menurut para ahli dan juga situs resmi. Secara sederhana, kisah adalah peristiwa nyata yang kemudian tercatat melalui tulisan ataupun ingatan. 

Kisah sangat penting untuk menunjang kemajuan peradaban. Melalui kisah-kisah terdahulu, manusia zaman modern dapat belajar dan memperbaiki sistem.

Dalam islam, kisah juga sangat penting sebagai bahan belajar. Dalam Alquran ada puluhan kisah yang termaktub, kisah tersebut menjadi petunjuk dan pedoman dalam menjalani hidup.

Kejadian dimasa lampau adalah sumber ilmu bermanfaat. Oleh sebab itu kita meletakan pelajaran sejarah sebagai salah satu yang terpenting dalam pendidikan. 

Berikut ini adalah beberapa pengertian kisah menurut beberapa ahli yang telah berhasil kami himpun;

Mahmud Yunus dalam Kamus Arab-Indonesia menyebutkan bahwa Secara bahasa, kata qashash berasal dari bahasa Arab dalam bentuk mashdar yang dipetik dari kata qashasha yaqushshu qishashan yang secara etimologi berarti mencari jejak.  

Kamus besar bahasa indonesia mendeskripsikan kisah sebagai cerita tentang kejadian (riwayat dan sebagainya) dalam kehidupan seseorang dan sebagainya; kejadian (riwayat dan sebagainya.

Digilab UIN Surabay menjelaskan bahwa Menurut bahasa, kata kisah berasal dari bahasa arab, yaitu qas}s}as}. Kata qasas sendiri merupakan bentuk jamak dari kata qisas yang berarti mengikuti jejak atau menelusuri bekas atau cerita (kisah).

Nurul Hidayati Rofiah, M.Pd.I dalam pulikasi jurnal core United Kingkdom mengatakan bahwa Kata qashash bisa bermakna urusan, berita, kabar maupun keadaan. Ditemukan dalam surat Ali Imron ayat 62 yang artinya sesungguhnya ini adalah berita-berita yang benar. 

Sementara itu kami, tim kisah web mendeskripsikan kisah sebagai kejadian atau peristiwa di masa lampau yang telah ditulis atau diceritakan. Adapun peristiwa tersebut bersifat nyata atau benar-benar terjadi.

Aplikasi belajar Ruang guru dalam situs resminya juga pernag mennyinggung soal kisah. Sejarah dikatakan sebagai kisah karena sejarah adalah kejadian-kejadian pada masa lalu yang kemudian dibangun kembali. Banyak orang-orang yang mencoba menafsirkannya dan juga membangun ulang ingatan-ingatan akan kejadian masa lalu itu. Sejarah itu gambaran masa lalu kalian sebagai individu, maupun sebagai makhluk sosial.

Tokoh terkemuka Fiersa Besari yang merupakan penulis, penyair dan youtuber termuka Indonesia, dalam akun twitter resminya mengatakan bahwa Kisah adalah bunga. Ketika satu tangkai patah dan mati, serbuk sari pelajarannya akan berkelana, menumbuhkan kisah baru yang jauh lebih indah. 

Kisah berperan dalam merajut kemajuan. Namun kisah juga dapat menjadi ladang penyesatan. Banyak orang membuat kebohongan melalui kisah-kisah. Jika anda ingin menggunakan kisah sebagai pedoman, maka gunakanlah sumber yang kredibel. 

Kita dapat memetik banyak pelajaran dari kisah-kisah yang pernah terjadi. ''Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal.'' (QS Yusuf [12]:111).

Dalam islam, Nabi Muhammad pun menggunakan kisah sebagai media untuk mendidik jiwa para sahabatnya. Melalui kisah, Rasul mengajarkan kebaikan-kebaikan. 

Sobat itulah kumpulan pengertian kisah menurut para ahli, semoga bisa menjadi referensi untuk anda dalam mempelajari kisah.  

Posting Komentar untuk "7 Pengertian Kisah Menurut Para Ahli"