Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cerita Motivasi Tentang Menghargai Waktu

KisahWeb - Cerita motivasi tentang waktu dapat memberikan pelajaran bagi kita. Diluarsana banyak orang-orang yang mampu menghargai waktu, mereka pun jadi orang yang sukses.

Sebenaranya waktu adalah kemepilikan kita secara mutlak. Namun beberapa hal membuat waktu kita disita. Misal karena pekerjaan dan juga hal lain. 

Oleh sebab itulah kita dituntut untuk menjadi orang yang bijak dan menghargai waktu. Sebab waktu keseharian amatlah singkat bagi orang yang mengetahuinya. 

Ya, kita hanya diberi 24 jam dalam sehari. Sedangkan keinginnan dan keperluan kita lebih dari itu. Namun manusia telah diberikan akal untuk bisa memanajemen waktu, seperti kisah kisah dibawah ini;

1. Manajemen Waktu Ala Rasulullah SAW

Dalam riwayat, Rasulullah SAW pun pernah bersabda,“ Ada dua nikmat yang kebanyakan orang merugi padanya, yakni waktu luang dan kesehatan" (HR Bukhari)

Pribadi Rasulullah sendiri mencontohkan bagaimana cara membagi waktu. Disela tugas dakwahnya, belu juga harus membagi waktu untuk keluarga dan untuk dirinya sendiri. Boleh dibilang Rasul adalah manusia yang sangat produktif dalam memanfaatkan waktu.

Baca Juga: Kisah Lucu Rasulullah

Rasulullah mengutamakan waktunya sebagai ibadah, menggunakan waktu untuk hal produktif dan juga tidak menunda nunda dalam melaksanakan kegiatan. Beliau sudah sejak muda dikenal sangat bijak dalam menggunakan waktu. Nyaris kita tidak pernah mendengar riwayat yang menuliskan aktivitas sia sia dari beliau. 

2. Tokoh-Tokoh Sukses yang Disiplin Waktu

Ada beberapa hal yang menjadi kunci kesuksesan, salah satu pondasinya adalah disiplin waktu. Diseiplin cecara luas diartikan sebagai kepatuhan diri terhadap aturan. Dalam segment waktu, disiplin diartikan sebagai sebuah sikap taat dan menghargai waktu dalam hidup. 

Ada banyak tokoh sukses yang disiplin waktu. Mereka sangat menghargai waktu hingga bisa mengoptimalkan waktunya. Bahkan ada yang sampai rela mengorbankan waktu instirahatnya.

CEO dari Virginia Group Richard Branson yang membawahi 400 anak perusahaan hanya tidur selama 6 jam dalam sehari. Begitu juga presiden kulit hitam pertama AS, Richard Branson. 

Orang terkaya ddengan penghasilan 6 juta perdetik Bill Gates selalu konsisten tidur selama 7 jam. Dan masih banyak lagi contoh lainya. Mereka amat disiplin dalam menggunakan waktu, bahkan mengorbankan waktu untuk tidur. 

3. Kisah Benjamin Franklin Menghargai Waktu

Benjamin Franklin dikenal sebagai bapak pendiri Amerika. Ia dalah tokoh yang sangat tekenal dan memiliku sejarah panjang. Ia pernh berkata tentang waktu, bahwa kita tidak boleh menyiakan waktu “Apakah Anda mencintai hidup Anda?” “Jika ya, maka jangan menyia-nyiakan waktu, karena dari hal tersebut lah hidup Anda dibuat” ucapnya

Penah dikisahkan Franklin didatangi pembeli yang datang ke toko bukunya. Karena hendak menawar, si pembeli pun menemui Franklin yang saat itu ada di dalam ruangan kerjanya.

Bukanya mengurangi harga, Franklin justru menambah harga buku tersebut. Bahkan ketika pembeli menawarnya kembali, Franklin justru menambah lagi harganya. Hal itu antaran pembeli telah memakai waktu Franklin. Baginya waktu sangat berharga, oleh sebab itu Franklin memberikan harga lebih pada pembeli itu.  

4. Masa Pandemi 

2020 menjadi tahun yang sangat tidak menyenangkan. Ya, ada virus corona yang mengancam semua manusia di bumi. Banyak yang kemudian di pekerjakan dirumah atau WFH. Selama masa ini pula banyak orang orang yang bijak menggunakan waktunya. Mereka menghargai waktu untuk bisa berkumpul dengan keluarganya. Tak hanya itu, bahkan sebagian dari mereka bisa membuat karya saat WFH.

Ada yang menggunakan sela WFH untuk membuat kerajinan, berkebun, membuat konten dan memperbanyak ibadah. Masa pandemi juga mengajarkan pada kita bahwa ada waktu yang kadangkala tidak bisa dilakukan saat normal. Maka, kita haruslah menghargai waktu kapanpun dan dalam kondisi apapaun. 

Sobat, semoga cerita motivasi tentang waktu ini bisa menjadi pelajaran untuk kita. Seorang bijak bernama Shoppenhauer pernah berkata bahwa Orang rata-rata tidak mempedulikan waktu yang ada, sementara orang yang bijak menggunakan waktu dengan baik.

Mari menghargai waktu dengan menggunakannya secara bijak, produktif dan optimal. Sungguh waktu tidak bisa diulang, dan waktu sangatlah berharga. Kelak kita akan merindukan kedatangan waktu, setelah semuanya usai.

Posting Komentar untuk "4 Cerita Motivasi Tentang Menghargai Waktu"