Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Kisah Nyata Azab Orang Serakah

KisahWeb - Akan ada hukuman bagi orang yang serakah. Seperti beberapa kisah nyata azab orang serakah berikut ini. Ya, serakah adalah sifat buruk manusia yang tidak pernah puas dengan apa yang telah dimilikinya. 

Lemahnya iman menjadi penyebab sifat serakah, sebab manusia yang beriman akan meninggikan sifat sifat mulia. Ketimbang hidup dalam rasa keinginnan yang berlebihan, lebih baik kita merasa cukup dan terus bersyukur.

Serakah adalah sebuah sikap yang digolongkan sebagai penyakit hati. Sifat ini tercela dan tidak sehat, karena hati orang serakah tidak pernah tenang, puas, dan selalu merasa kekurangan. 

Dampaknya, mereka akan melakukan beberapa hal buruk lainya seperti  menipu, mencuri, manipulasi, korupsi, dan sebagainya, untuk memenuhi nafsu serakahnya terhadap harta dan kedudukan.

Kisah kisah dibawah ini akan memberikan gambaran tentang bagaimana orang yang serakah dan dampaknya bagi kehidupan, bahkan bisa dibilang azab nya;

1. Kuburan Susah Digali

Tak disangka alam menolak jenazah kakak kami, padahal kami telah memaafkan ia dengan tulus. Ya kakak kami punya kesalahan besar, dia amat serakah terhadap harta warisan yang ditinggalkan oleh kedua orang tua kami.

Dua tahun lalu kakak kami menjual semua tanah warisan, uangnya pun ia habiskan untuk berfoya-foya. Membeli mobil mewah dan nikah dengan gadis muda. Tak hanya itu, kakak kami juga menjual tanah wakaf orang tua. Ia tukarkan tanah wakaf dengan tanah kebun karet di kampung sebelah.

Kami pun marah dan mengutuk kelakuakn kakak kami itu. Bertahun tahun kami memutus silaturahmi, alasan kami karena kesal dengan wataknya yang sangat serakah itu. 

Kemudian dia pun mengidap penyakit stroke dan diabetes. Di usia 70 tahun ia amat tersiksa dengan berbagai macam kompilasi penyakit. Nasibnya semakin mengenaskan saat istrinya meningalkanya.

Melihat itu aku dan beberapa adiku pun melebarkan dada. Kami memaafkan segala kesalahannya dan menganggap semua adalah ujian. Kami mengurusnya hingga mendekati ajal. 

Ia pun terlihat taubat, beberapa harta yang tersisa ia berikan ke kami dan ke masjid untuk diwakafkan. Kami pun bersyukur atas taubtanya kakak kami itu.

Hari penjemputan ajalnya pun tiba, ia meninggal di waktu subuh. Segeralah kami mengurus jenazahnya. Namun ada hal mengejutkan, beberapa kali tukang gali kubur pindah lokasi karena selalu saja ada batu besar saat penggalian. 

Total ada 5 galian yang gagal Kemudian di pengalian ke 6 Allah memberi izin. Kakak pun disemayamkan, dan itu menjadi pelajaran untuk kita bersama. 

2. Di DO Kampus

Sebut saja namanya Darto, dia adalah aktivis muda penuh ambisi. Namun ada sifat buruk yang hinggap dihatinya, yakni keserakahan. Ia selalu ingin terlihat yang terbaik, ingin selalu jadi orang yang dihargai dan jadi orang paling diatas (memimpin).

Dikampus ia bergabung dalam banyak organisasi, diluar kampus pun ia rangkap jabatan. Semua itu ia lakukan agar citranya bagus dimata orang. Agar orang melihat dirinya sebagai aktivis sempurna dan penuh loyalitas. 

Keserakan Darto membawa batu bagi dirinya. Darto terlalu sibuk karena rangkap jabatan dimana-mana. Ia pun meninggalkan kuliahnya dalma waktu yang lama. Akhirnya Darto pun di DO dari kampus karena masa mukim nya sudah melampaui batas. Darto pun pulang ke kampung tanpa ijazah. Pencitraan dan keserakahan jabatan yang ia lakukan memabawa mala petaka. 

3. Kang Ojek Rakus

Warno dikenal sebagai ojek pangkalan yang sangat serakah. Saat ojek online masuk ke daerahnya, ia mngompori para ojek manual untuk mengusir para ojek online. Beberapa konflik besar anatara ojek pangkalan dan ojek online adalah karena adu domba yang ia buat.

Saking serakahnya, bahkan Warno membuat baliho besar yang bertulis "Di kota ini, Ojol dilarang narik. Catat dan camkan atau kalau tidak kalian akan kami habiskan" nampak tulisan terang di baliho.

Akibat kelakuannya itu, Warno pun digeruduk ojol. Ia pun klejingan, ketakutan melihat jumlah ojol yang lebih banyak daripada ojek pangkalan. Beberapa waktu kemudian, para ojek pangkalan mengupgrade diri menjadi ojek online, sedangkan Warno tidak bisa daftar Ojol karena motornya tidak ada suratnya. 

Sobat, itulah deretan kisah nyata azab orang serakah yang kami himpun dari beberapa sumber. Semoga kisah ini menjadi pelajaran untuk kita supaya tidak bersifat serakah dan tamak. 

Posting Komentar untuk "3 Kisah Nyata Azab Orang Serakah"