Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketika Ada Petisi Peringatan Maulid Nabi Jadi Hari Kasih Sayang

Kisah Web -  Dengan tujuan sebagai pelurus bagi non muslim kepada Nabi Muhammad, sekelompok umat muslim di Pakistan mengajukan petisi untuk menjadikan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai Hari Kasih Sayang. Diketahui mereka adalah muslim yang berasal dari Kota Hyderabad (Pakistan Tengah).

Perayaan Maulid Nabi sendiri merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awwal. Dalam peringatan ini, banyak umat muslim di dunia membuat berbagai macam-macam perayaan sebagai pengingat. 

Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad wafat. Sebagian ada yang menganjurkan dan menjalankan perayaan ini, namun sebagian lagi ada juga yang membid'ahkan. Walapupun begitu, secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad.

Pada tahun 2020, terdapat inisiatif dari sebuah kelompok yang membuat petisi pengajuan peringatan maulid nabi sebagai hari kasih sayang. Inisiatif yang kemudian viral di berbagai negara, khususnya negara muslim tersebut diusulkan oleh Syed Abdullah Tarek dan ulama Pakistan lainnya. 

Alasan dibalik petisi ini adalah untuk untuk memperbaiki kesalahpahaman tentang Islam dan kesalahpahaman banyak non-Muslim terhadap Nabi Muhammad.

Dengan menjadikan Maulid Nabi sebagai ‘Hari Kasih Sayang Sedunia’ diharapkan bisa menginspirasi banyak orang untuk melakukan satu perbuatan kasih sayang, simpati, belas kasihan, kesejahteraan, cinta atau kepedulian terhadap makhluk hidup dengan caranya sendiri, baik secara kolektif maupun individu. Sebagaimana diketahui, bahwa sifat mulia tersebut ada dalam pribadi teladan Nabi Muhammad.

 “Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu.” (QS Al-Ahzab : 21).

Selain itu, kelompok ini juga berharap umat Islam dapat memberikan pengabdian yang lebih tulus di hari kasih sayang itu, sebagaimana ketulusan dan kasih sayang Nabi Muhammad SAW sepanjang hidupnya. Beliau memang dikenal sebagia pribadi yang sangat penyayang terhadap seluruh makhluk, baik manusia, binatang maupun tumbuhan.

Umat Islam di seluruh dunia, dalam memperingati datangnya hari maulid Nabi maka akan dipenuhi dengan berbagai pernak pernik Islam seperti menjual buku-buku Islam, pakaian, dan sajadah. 

Selain itu, sebagian besar umat Islam setuju menjadikan Mualid Nabi sebagai bulan kegembiraan dan sukacita. Serta tidak ada riwayat yang menganjurkan seseorang untuk melakukan puasa pada hari kelahiran Nabi. 

Apakah Sobat Setuju ? Silahkan utarakan di kolom komentar ya

Posting Komentar untuk "Ketika Ada Petisi Peringatan Maulid Nabi Jadi Hari Kasih Sayang"